GALAKSI: MEMICU PROSES KREATIF

619

11185845_1108478225845463_706217895_n

Bidikbanten.com. Serang – Minggu, 26 April 2015. Rancana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) PGSD, Serang menyelenggarakan kegiatan yang melatih ktingkat kreativitas siswa Sekolah Dasar se-Kota Serang. Galang Adu Kreasi (GALAKSI), demikian nama kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja yang sudah terencana oleh Rancana UPI. Kegiatan ini diikuti oleh 16 Sekolah Dasar se-Kota Serang, dan mengusung tema “Tunjukan aksimu, temukan bakatmu, tingkatkan sportivitasmu.”

Ada lima yang disediakan panitia GALAKSI, diantaranya, lomba senam pramuka, tali temali, hasta karya, LCTP (Lomba Cepat Tepat Pramuka), dan permainan rakyat. Kelima kegiatan tersebut dikemas dengan konsep belajar sambil; bermain. Kegiatan yang ditawarkan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam berpikir, dan melatih kemampuan siswa melalui karya.

“Selain mengikat tali silaturahmi antar SD se-Kota Serang, kegiatan ini juga bertujuan untuk melihat kemampuan siswa dalam berkreatifitas melalui karya. Lomba “Hasta Karya” misalnya, siswa diberikan satu benda dan dari benda tersebutlah siswa berkreasi menghasilkan suatu karya seni.” Demikianlah Oliv sebagai ketua pelaksana kegiatan GALAKSI memaparkan.

“Kegiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi siswa saat ini, apalagi Pramuka sudah menjadi kegiatan wajib diikuti oleh siswa. Selain itu, kegiatan ini juga melatih mental dan kekompakan siswa dalam bermain permainan rakyat. Ya, semacam outbond.” Papar Oliv menambahkan.

Para peserta GALAKSI mengaku sangat senang dengan kegiatan ini. Selain hanya bermain, melalui kegiatan ini juga mereka bisa belajar mengenal alam dan lingkungan. Seperti yang dipaparkan Mup dan kawan-kawan, salah satu peserta dari SD Pereng, Taktakan.

“Seneng bisa ikut kegiatan ini, selain itu di sini bisa dapat teman baru dan wawasan baru.” kata Mup.

Perlulah kegiatan semacam ini sering-sering diadakan di Kota Serang, mengingat anak zaman sekarang sudah terlalu fokus pada gadget dan lupa pada permainan tradisioan, seperti gobak, bentengan, kelereng, congklak, dan masih banyak lagi. Sebagai calon guru, Oliv mengaku kegiatan ini sangat penting dilakukan.

Reportase: Firda

Editor: RQ

Comments are closed.