Begini Cara Dapat Uang dari Pesugihan Online

63

images (17)

Kamu ingin mendapatkan cuan dari internet secara online? Tentu saja bisa, ini bukan hal yang sulit untuk dilakukan.

Bahkan, buat seorang pemula dan tidak memiliki modal pun, kamu tetap bisa mendapatkan uang dari internet tanpa harus memelihara tuyul.

Modal sederhana namun penting yang kamu butuhkan untuk mendapatkan uang dari internet, hanyalah koneksi internet, perangkat digital, dan beberapa keahlian khusus yang bisa mendatangkan cuan. Setidaknya ada lima cara dapat uang dari internet, apa saja?

1. Membuat konten di media sosial (YouTube, Instagram, TikTok, dsb.)

Cara mendapatkan uang dari internet saat ini semakin mudah dan beragam caranya, salah satunya lewat media sosial seperti YouTube, Instagram, dan TikTok. Siapa sangka, membuat konten menarik dalam bentuk foto dan video ternyata bisa jadi cuan.

Bisa dari aktivitas, hobi, dan banyak hal lainnya yang kamu senangi. Kamu bisa mendapat penghasilan dari sana melalui endorsement, product placement, atau monetisasi melalui iklan yang terpasang dalam akun YouTube-mu.

2. Jadi freelance content writer

Kamu tahu gak, salah satu cara supaya situs atau website bisa begitu populer itu karena adanya sebuah artikel atau content?

Eits, gak hanya menulis sembarang artikel, namun artikel yang ditulis harus SEO friendly agar tulisanmu bisa nangkring di halaman pertama Google, yang akan memicu peningkatan traffic kunjungan. Tentunya, situs atau website dengan traffic tinggi akan selalu muncul di halaman pertama Google.

Bagi kamu yang berbakat serta doyan menulis, membuat artikel SEO friendly jadi cara dapat uang dari internet yang bisa kamu coba. Harga artikel SEO friendly bervariasi. Mulai dari Rp50.000 per artikel untuk 500 kata hingga Rp100.000 per artikel.

Jika berminat untuk dapat uang dari menulis artikel SEO friendly, kamu bisa ambil proyek-proyek freelance di website penyedia jasa freelance.

3. Bergabung dengan afiliasi

Afiliasi merupakan bentuk kerja sama berupa promosi dan penjualan produk, yang imbalannya nanti berupa revenue sharing alias bagi hasil. Lewat afiliasi, kamu akan mendapat komisi untuk setiap produk yang berhasil terjual.

Bisa dibilang bahwa afiliasi merupakan cara dapat uang dari internet yang gak perlu modal. Karena hampir semua program ini memungkinkanmu untuk bergabung secara gratis.

Untuk mendapat uang dari afiliasi, cobalah untuk mencari dan daftar terlebih dahulu dalam sebuah program afiliasi. Setelah mendaftar, kamu nanti akan mendapatkan kode referral atau kode kupon.

Kamu bisa membagikannya ke orang lain. Bisa ke pengunjung website atau followers kamu di media sosial. Pada saat seseorang menggunakan link kamu dan melakukan pembelian produk, kamu akan mendapatkan komisi.

4. Jual foto dan video secara online

Kamu jago dalam fotografi serta bisa menghasilkan gambar-gambar yang bagus? Atau punya keahlian untuk memproduksi video-video klip?

Gak disangka ya, kalau kamu bisa mendapatkan uang dari hobi. Karena kebutuhan akan foto dan videografer profesional masih banyak dan pasti dicari.

Jika berminat memajang foto atau video yang kamu punya untuk dijual, kamu bisa menggunakan jasa beberapa situs penyedia foto atau video.

Besaran komisi yang kamu dapatkan akan dihitung dari persentase komisi yang ditetapkan oleh setiap website penyedia, persenannya bervariasi mulai dari 15 hingga 70%.

Biasanya dihitung berdasarkan setiap foto atau video yang di-download oleh pengunjung website tersebut. Ya, hitung-hitung bisa sebagai uang tambahan. Lumayan, kan?

5. Buka toko online

Jika kamu berniat membangun usaha dengan menjual beragam produk mulai dari makanan, fashion, dan lain sebagainya, membuka toko online bisa menjadi cara dapat uang dari internet dengan mudah yang bisa kamu lakukan.

Mudah dan gak ribet, kamu bisa memajang beragam produk yang kamu jual di sana. Selain itu, konsumen juga dimudahkan untuk bertransaksi karena tiap pembayaran bisa dilakukan secara otomatis melalui payment gateway.

Toko online juga dapat meraih jangkauan audiens yang lebih luas jika dibandingkan berjualan produk secara offline. Selain dengan punya website sendiri, kamu juga bisa memanfaatkan platform e-commerce yang pasti akan lebih memudahkan kamu untuk berjualan secara online.

Setelah mengetahui beberapa cara dapat uang dari internet, apakah kamu sudah mulai menemukan ide untuk mewujudkannya? Apapun bisnis yang akan kamu jalankan nanti, pastikan selalu semangat untuk memberikan yang terbaik dari dirimu, ya!