Mengukur Peta Kekuatan Tiga Calon Wali Kota Tangsel

2620

Tiga pasang calon telah ditetapkan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tangerang Selatan 2015. Masing-masing dari mereka memiliki keunggulan yang dapat menjadi modal untuk memenangkan Pilkada 9 Desember 2015 mendatang.

Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti memetakan kekuatan masing-masing kandidat, yaitu Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie yang diusung partai Golkar, PKS, PKB, Nasdem, PAN, dan PPP; Ikhsan Modjo-Li Claudia Chandra yang diusung Partai Demokrat dan Gerindra; dan pasangan Arsid-Elvier Ariadiannie Soedarto Poetri yang diusung PDI Perjuangan dan Hanura.

Ada kesamaan antara pasangan Airin-Benyamin dengan Arsid-Elvier dalam hal basis massa di kalangan menengah ke bawah. Sedangkan pasangan Ikhsan-Li Claudia atau Alin, dianggap lebih bisa memenangkan hati masyarakat Tangerang Selatan kelas menengah ke atas.

“Menariknya, Ikhsan Modjo mungkin akan laris manis di kalangan menengah ke atas. Dan itu jumlahnya tidak sedikit di Tangsel itu. Cuma kendalanya Ikhsan ini, memastikan orang-orang ini datang ke TPS (tempat pemungutan suara),” kata Ray saat dihubungi seperti dikutip kompas, Kamis (30/7/2015).

Karakter pemilih di kalangan menengah ke atas yang cenderung malas ke TPS jadi tantangan tersendiri bagi Ikhsan-Alin. Basis massa Airin dan Arsid sendiri dinilai sangat kuat dan tersebar di mana-mana.

Tantangan bagi Ikhsan, selain memastikan calon pemilihnya untuk datang ke TPS, adalah juga dengan menggaet pemilih di kalangan menengah ke bawah yang rata-rata diprediksi masih akan lebih memilih Airin dan Arsid.