Kendati Terhalang Keterbatasan, Rekapitulasi Suara Pilpres Berjalan Lancar

767
Kurangnya sumber daya manusia (SDM) di tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menjadi permasalahan tersendiri di  Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Kamis (10/7) namun kendati begitu, hal tersebut tak mengurangi semangat dan kewajiban sebagai petugas penyelenggara perhitungan suara di tingkat Kelurahan.
Salah satu kekurangan yang dirasakan oleh para petugas penyelenggara perhitungan suara di Kelurahan itu disebabkan kurangnya rekapitulasi bimtek dan tidak cocoknya hasil perolehan.
Ketua Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS) Jombang Wetan, Rois Mujahidin mengaku ada permasalahan dalam kecocokan rekapitulasi ditingkat KPPS.
“Alhamdulilah, semuanya berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah, cuma yang jadi permasalahan itu sumber SDM untuk ditingkat KPPS rekapitulasi bimteknya kurang, jadi hasinya, kita untuk mencocokannya itu salah,” ungkapnya.
Dengan permasalahan ke tidak cocokan rekapitulasi, Rois mengatakan akan mencari solusi untuk bisa mencocokan rekapitulasi dengan melakukan cek secara satu per satu. “Kita harus cek semuanya secara satu per satu, mulai dari DPT, DPKTB, terutama di C7, “ katanya. Dari hasil pencocokan dari C7, Rois menerangkan semuanya sudah cocok.
“Setelah kita melakukan pengecekan secara satu per satu, hasilnya sudah cocok semua dengan C7 dengan perolehan sudah cocok dan hasilnya sudah bagus,” terangnya.
Sementara itu, hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh Kelurahan Jombang Wetan dari 33 TPS. Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa masih tetap unggul. Dimana, perolehan suara untuk pasangan Prabowo-Hatta mencapai 5.766 mengungguli pasangan Jokowi-JK yang mendapatkan suara mencapai 5.239 dari 11.005 jumlah suara yang sah.
Beda halnya dengan hasil rekapitulasi dari 15 TPS di Kelurahan Sukmajaya, pertarungan yang sangat sengit itu terjadi antara suara pasangan Prabowo-Hatta dan pasangan Jokowi-JK. Namun, suara pasangan Prabowo-Hatta tetap masih unggul dengan perolehan 2.741 suara dan pasangan Jokowi-JK peroleh 2.704 suara dari 5.445 jumlah suara sah. (Acil)