Ingin Tetap Bugar di Usia 40-an?

822

Orang bilang hidup dimulai di usia 40 tahun. Saat itu, secara materi dan psikologis banyak orang telah mencapai kemapanan. Namun di usia 40 juga badan mulai mengembang dan berat badan mulai menanjak.  Gangguan kesehatan juga sedikit demi sedikit bermunculan.

Beruntung, ada seorang perempuan yang mau berbagi tipsnya untuk menurunkan berat badan dan menjaganya tetap stabil. Dan tips itu cukup sederhana, bahkan ia mengaku tidak mencari referensi untuk melakukan semua tips ini. Tapi manfaatnya, benar-benar ia rasakan. Hingga kini, ia tetap mampu menjaga berat badan dan tubuhnya tetap bugar.

Berikut tips itu:

1. Timbang berat badan setiap hari
Dengan menempatkan timbangan sebelah kamar mandi, saya bisa mengawasi bobot saya tiap hari. Terasa obsesif memang, tapi ini cukup efektif untuk mengontrol berat badan. Hasilnya, berat badan saya hanya berfluktuasi dalam kisaran 2 kilogram saja.

2. Banyak minum air putih
Air putih benar-benar membantu. Semakin banyak air yang saya minum, makin baik fungsi tubuh saya. (Jika Anda tidak suka air, tambahkan beberapa tetes jus apel dalam air putih Anda agar tak terlalu hambar). Dan saya tidak berhenti minum sebelum saya menimbang berat badan. Karena saya tidak ingin menipu diri sendiri.

3. Hindari makanan olahan
Semua makanan olahan tidak sehat, jadi sebisa mungkin menghindarinya. Kepentingan perusahaan makanan pasti bukan kesehatan Anda .Tidak mudah memang, tapi harus diusahakan.

4. Hindari minuman manis dan makanan cepat saji
Ini mungkin klise dan Anda sudah tahu itu. Jangan pernah tertipu oleh klaim kalori rendah atau klaim diet, makanan cepat saji dan minuman manis hanya akan membuat Anda gemuk dan tak sehat.

5. Dapatkan 7 jam tidur yang berkualitas
Tidur cukup sangat penting bagi tubuh. Air putih dan tidur adalah pondasi keshatan saya. Saya juga memiliki tempat tidur yang nyaman untuk memastikan saya mendapatkan tidur yang berkualitas. Kasur yang baik tidak murah memang, tapi Anda tentu tak mau menukarnya untuk kesehatan Anda.

6. Bergeraklah
Dalam pikiran saya, menurunkan berat badan adalah 33 persen tentang makanan, 33 persen tentang memenuhi apa yang dibutuhkan tubuh (istirahat, air, dan sebagainya) dan sisanya tentang beraktifitas. Ketimbang membuang waktu di epan teelvisi, saya lebih memilih pergi ke klub kesehatan atau melakukan aktifitas lainnya. Saya juga menghindari menonton televisi hingga larut malam.

7. Salad itu penting
Sebenarnya saya tak terlalu menyukai salad, tetapi saya sadar salad bagus untuk tubuh saya. Anehnya, setelah mencoba satu dua gigitan salad, saya merasa sulit untuk berhenti makan.

8. Makanlah ikan, sayur dan buah sebanyak mungkin
Ikan, sayur dan buah-buahan membuat tubuh saya lebih sehat dan lebih energik.

9. Abaikan bukti ilmiah
Terus terang saya sering tidak memedulikan penelitian ilmiah. Saya suka segelas anggur merah, yoghurt, madu, secangkir kopi, sultana, dan sesekali burger dan keripik. Biarkan mereka membuktikan apa yang mereka inginkan, tapi saya menyusun pikiran saya sendiri. (Huffington Post)