Wagub Minta Kontribusi PII Banten Wujudkan Serang Raya dan Cilegon Menuju Kota Metropolis

122

IMG-20201229-WA0095

Para insinyur diminta berkontribusi nyata dan berperan aktif dalam perencanaan pembangunan di Banten.

“Saya minta kepada para insinyur untuk memberikan kontribusi nyata dalam perencanaan pembangunan di Banten,” kata Wakil Gubernur Banten, Andhika Hazrumi, pada acara pelantikan Pengurus Wilayah Persatuan Insinyur Indonesia (PW PII) Provinsi Banten, Selasa (29/12/2020), di Kota Serang.

Keberadaan PII Banten, lanjut Andhika, sangat dibutuhkan bagi proses perencanaan pembangunan agar hasilnya tidak hanya berkualitas, tetapi juga memberi manfaat bagi masyarakat Banten.
Menurut Andhika, seluruh bidang pembangun pasti bersentuhan dengan insinyur, dari pembangunan infrastruktur, pertanian hingga kemaritiman butuh sentuhan para insinyur.

Seperti diketahui, acara pelantikan PW PII Banten dilakukan oleh Ketua Umum PII Pusat, Heru Dewanto, merupakan hasil Musyawarah Wilayah diselenggarakan Senin, 28 Desember 2020, di Kota Serang.
Hasil Muswil ke 1, telah terpilih Ketua PII Wilayah Banten periode 2020-2023, Eden Gunawan dan Sekretaris Ediyanto.

Andhika menjelaskan, Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon sedang menuju menjadi kota metropolitan yang membutuhkan kontribusi PII.

“Serang raya dan Cilegon sedang persiapkan infrastruktur menuju kota metropolis, perlu dorongan PII Banten untuk tekhnologi konstruksi dan pusat penelitiannya,” ujar Andhika.

Saat ini, Banten memiliki BUMD agropolitan yaitu PT Agrobisnis Banten Mandiri, yang membutuhkan bantuan PII untuk tekhnologi pertaniannya.

“Kita sudah punya BUMD agropolitan, PT. Agrobisnis Banten Mandiri, pastinya butuh bantuan PII,” ujar Andhika, yang sempat berjanji akan mendorong penguatan program PII Banten.

Sementara ketua terpilih PII Wilayah Banten, Eden Gunawan, mengaku peran strategis insinyur pada proses pembangunan di Banten akan berkualitas. Dirinya akan bersinergi dengan Pemprov Banten untuk mewujudkan harapan tersebut.

“Termasuk pada PT Agrobisnis Banten yang merupakan BUMD baru milik Banten, semoga kita dapat bekerjasama dalam rangka mewujudkan cita-cita didirikannya BUMD tersebut,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum PII Pusat Heru Dewanto berharap kepada PII Wilayah Banten untuk dapat menjadikan Banten sebagai role model atau model percontohan bagi daerah lain dalam memanfaatkan potensi daerah.

Menurutnya, Banten merupakan provinsi yang unik dan berbeda dibanding provinsi lain. Semua jenis industri ada di Banten, mulai dari Serpong, Serang dan KS di Kota Cilegon.

“Kita ingin jadi role model buat daerah yang lain, tidak ada provinsi seunik dan selengkap Banten yang industrinya lengkap. Semoga transformasi keinsinyuran dapat diterapkan di Banten,” harapnya. (JM)