Tangsel dan Serang jadi Daerah Pertama Vaksinasi di Banten

206

pns

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menetapkan Kota Serang dan Tangerang Selatan, sebagai kota pertama vaksinasi Sinovac di Banten.

Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan setelah Serang dan Kota Tangsel, selanjutnya kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang menjadi prioritas daerah penerima vaksin Covid di Provinsi Banten.

“Untuk termin pertama ada dua daerah dulu yang diberikan vaksin ini. Meliputi Kota Serang dan Tangerang Selatan,” ujar Wahidin usai menggelar Rakor evaluasi Covid-19 di Tangerang Raya, di Pendopo Bupati Tangerang, Senin (11/1/2021).

Menurut Wahidin, dipilihnya kedua Kota itu sebagai kota pertama pemberian vaksinasi tahap pertama, karena Kota Serang merupakan Ibukota Provinsi Banten. Sedangkan Kota Tangerang Selatan angka kasus penyebaran Covid-19 paling tinggi.

“Untuk termin kedua dilakukan di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang. Tahap awal 14.000 vaksin, Tangsel 8.000 dan Serang 6.000,” katanya.

Wahidin menjelaskan bahwa yang akan menjadi prioritas utama dalam vaksinasi adalah tim tenaga kesehatan (Nakes) selanjutnya aparat TNI, Polri dan Satpol PP.

“Pemerintahan dulu divaksin, Kepala Daerah dan tenaga medis,” terang dia.

Wahidin menjelaskan, vaksinasi Covid-19 akan mulai dilakukan pada Jumat (15/1/2021). Sedikitnya terdapat 117 fasilitas kesehatan seperti RS dan Puskesmas yang disiapkan untuk pemberian dosis vaksinasi tersebut. (toga)