Samsat Malingping Terima Kunjungan Komisi III DPRD Banten, Sirojudin Sampaikan Ini

143

IMG-20220523-WA0160

Lebak, Bidikbanten.com – Dalam rangka Koordinasi Target dan Realisasi Pendapatan pada UPTD PPD Samsat Malingping Tahun 2022, Komisi III DPRD Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengelola Pendapatan Daerah (UPTD PPD) Samsat Malingping yang berlokasi di Jalan Baru Beyeh – Malingping, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten, Senin, (23/05/2022).

Kunjungan kerja tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi III DPRD Provinsi Banten Drs. Muhammad Faizal, SH., MH , beserta Wakil ketua A Cut Muthia, S.Ap., Sekertaris Ria Mahdia Fitri, S.Sos., dan Anggota.

Drs. H. Muhammad Faizal, SH., MH., Ketua Komisi III DPRD Provinsi Banten, mengatakan, bahwa komisi III membidangi tentang keuangan, ada beberapa dinas dibawah komisi III, diantaranya adalah Bappenda. Dan Bappenda membawahi UPTD, salahsatunya Samsat Malingping.

“Kita harus datang ke UPTD penghasil untuk koordinasi target dan realisasi, pelayanan, dan masukan masukan yang sekiranya perlu ditindaklanjuti. Setiap Samsat berbeda karakteristik, contohnya Samsat Malingping tentu berbeda dengan Samsat Malingping. Kemarin kan Covid-19 tentunya sangat berpengaruh terhadap pendapatan. Kita harus tingkatkan, karena ini kebutuhan dalam pembangunan di Banten,” kata Muhammad Faizal, saat dikonfirmasi usai kegiatan.

Ia pun menyampaikan bagaimana menggunggah kesadaran para wajib pajak untuk membayar pajak, kemudian bagaimana menagih mereka yang menunggak pajak. Karena, jika melihat jumlah unit sangat besar yaitu sekitar 77.000 baik R2 maupun R4.

“Tahun 2021 Samsat Malingping melebihi target, diharapkan untuk 2022 bisa lebih meningkat. Kalau saya lihat hingga saat ini sudah 33% dan hingga akhir tahun ini saya optimis bahwa Samsat Malingping akan melebihi target,” terang Muhammad Faizal.

Rusaknya akses jalan menuju Samsat Malingping pun tak lepas dari sorotan Komisi III DPRD Provinsi Banten, “Kita tadi catat masukan terkait akses jalan yang rusak. Walaupun infrastruktur bukan domain kami. Namun ini perlu banget jalan harus bagus. Kalau diserahkan ke provinsi, berarti nanti mudah mudahan provinsi yang bangun dan semoga provinsi ada dana yang cukup untuk bangun akses jalan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD PPD Malingping, Dr. H. A. Sirojudin, S.Pd. M.Pd., menyampaikan, dengan kedatangan Komisi III sebagai partner kerja Bappenda khususnya Samsat Malingping,

“Ini luar biasa, kami membutuhkan koordinasi dan komunikasi juga support dari Anggota Dewan untuk mendorong kebijakan yang bisa meningkatkan pendapatan di Samsat Malingping,” kata Sirojudin.

Di akhir tahun, Sirojudin berharap capaian target mencapai 100 % lebih. “Meskipun, target tinggi yaitu 29 milyar bisa tercapai. Kita selalu berupaya sosialisasi kepada seluruh wajib pajak yang memang hampir 40% sampai 50% masih menunggak,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Sirojudin pun mengusulkan beberapa staf di Samsat Malingping yang belum di SK kan, “Ada beberapa tenaga staf yang belum di SK kan oleh Pak Kaban, mudah mudahan didorong oleh sahabat-sahabat yang ada di Komisi III untuk segera di SK kan, karena mereka yang belum mendapatkan SK ini kinerjanya luar biasa,” pungkasnya.

(Usep).