Meski di Masa Pandemi Pelayanan KB Untuk Masyakarat Tetap Berjalan

81

IMG-20200708-WA0024-696x338

Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon bekerja sama dengan Kodim 0623/Cilegon berikan pelayanan kesehatan dan pelayanan program Keluarga Berencana (KB) kepada masyarakat di Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Rabu (8/7).

Diketahui, pelayanan kesehatan dan KB diadakan setiap satu pekan sekali selama pelaksanaan TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) berlangsung hingga akhir Juli 2020. Dalam pelaksanaannya, sejumlah tenaga medis dari TNI, Dinkes dan DP3AKB Cilegon diterjunkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitar.

Kepala DP3AKB Cilegon, Heni Anita Susila mengatakan, pemberian pelayanan program KB dan kesehatan akan rutin dilaksanakan setiap pelaksanaan TMMD pada setiap tahunnya.

“Iya, alhamdulillah sekalipun di masa pandemi covid-19 ini, kami tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Heni saat ditemui di Polindes Cikerai, Rabu (8/7).

Menurutnya, pelaksanaan pelayanan kesehatan dan program KB tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Lantaran di tengah pandemi covid-19 pihaknya harus menerapkan protokol kesehatan.

“Nah, jadi ada empat kali pelayanan dan itu di hari Rabu, karena ini terkait dengan gerakan Rabu ber-KB yang selalu kami sosialisasikan kepada masyarakat, inilah saatnya masyarakat untuk menjadi akseptor KB,” ungkapnya.

Ia mengatakan, untuk pelayanan program KB pihaknya memberikan pelayanan program dengan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) kepada akseptor dengan menggunakan implant dan IUD (Intrauterine Device).

“Nanti yang kami fokuskan disini adalah akseptor yang menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang. Jadi diharapkan melalui program KB, dapat mewujudkan keluarga sejahtera,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang warga Lingkungan Perigi, Nia Kusniawati mengatakan, program TMMD yang dilaksanakan Kodim Cilegon dengan memberikan pelayanan kesehatan dan program KB secara gratis tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Alhamdulillah, ada TMMD di kampung saya. Jadi ada pelayanan kesehatan untuk warga disini. Selain itu juga ada pelayanan program KB, jadi saya disini bisa tersosialisasikan dan tahu manfaat KB,” pungkasnya.