Kegiatan PKM Mahasiswa Pamulang, Sosialisasikan Pajak dan Audit di Kelurahan Panunggangan Utara

444

IMG-20211122-WA0005

Program Studi Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakatan (PKM) di Karang Taruna Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mengangkat tema “PENGENALAN PAJAK DAN AUDIT”.

Acara dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2021 pukul 10.30 – 12.00 WIB bertempat di Jln. Kebon nanas, RT 006 RW 01, Kel. Panunggangan Utara, Kec. Pinang, Kota dengan dihadiri kurang lebih 25 peserta yang merupakan para pelajar dari lingkungan tersebut.

“Dalam melakukan kegiatan ini kami tetap menerapkan protokol kesehatan dengan cara 3M mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker” Tutur Muhammad Agus Kurniawan selaku ketua penyelenggara.

Agus men am bahkan, Kegiatannya diadakan dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada anak- anak khususnya usia 15 tahun keatas untuk mengenalkan pajak dan juga audit kepada masyarakat, khususnya pada remaja karang taruna di Kelurahan Penunggangan Utara Kecamatan Pinang Kota Tangerang.

“Tujuan ini di harapkan dapat meningkatkan pengetahuan umum generasi muda-mudi agar dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan dilaksanakannya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini diharapkan mampu memberikan manfaat untuk para peserta atas materi yang telah di sampaikan”ujar Agus.

Hasil keluaran program sosialisasi ini, lanjut Agus, antara lain:

1. Sosialisasi tentang definisi pajak dan audit.

2. Sosialisasi penerapan pajak dalam kehidupan sehari-hari.

3. Sosialisasi pentingnya pengetahuan pajak dan audit dalam menambah wawasan pada remaja karang taruna.

4. Memberikan hadiah bagi peserta atas tanya jawab dari materi pajak dan audit.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan tertata dengan rapi sesuai dengan susunan acara yang telah direncanakan.

“Acara dimulai dengan sambutan dosen pembimbing kami yaitu Ibu Asih Handayani, S.E., M.Ak, selanjutnya sambutan dari ketua kelompok kami. Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan materi mengenai dasar-dasar audit oleh panitia Sheirly dan pengenalan pajak oleh panitia Agus dan Febi kepada para peserta. kemudian dilanjutkan pemberian snack. Acara dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab yang diwakilkan oleh Hanifa mengenai audit dan pajak serta ada beberapa peserta yang bertanya mengenai kehidupan perkuliahan. Pada akhir acara kami memberikan hadiah kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama”paparnya.