5 Manfaat Buah Nanas, Salah Satunya Bisa Untuk Melawan Kanker

75

Nanas madu

Siapa yang tak kenal buah nanas? Buah berwarna kuning yang satu ini merupakan sumber vitamin C tinggi yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Bahkan, buah dengan daun bergerigi yang tumbuh di bagian atas ini juga memiliki kandungan kalori, lemak, protein, hingga tembaga.

Hingga kini, nanas menjadi salah satu buah yang populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat, khususnya di Tanah Air.

Meskipun memiliki rasa manis dan asam, buah nanas juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Berikut sederet manfaat buah nanas, seperti iNews.id lansir dari Everydayhealth, Sabtu (21/11/2020). 1. Mengatasi Masalah Pencernaan Nanas mengandung campuran enzim bromelain.

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan tersebut dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan hidung.

Bahkan, Amerika Tengah dan Selatan justru menggunakannya untuk mengobati gangguan pencernaan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Biotechnology Research International menemukan bahwa bromelain dalam nanas dapat membantu mengurangi efek diare.

2. Kaya Antioksidan Buah nanas kaya akan kandungan vitamin C yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, serta sebagai antioksidan.

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), satu cangkir nanas mengandung kurang lebih 78,9 miligram (mg) vitamin C. Kandungan Vitamin C tersebut menjadi penting karena mendorong pertumbuhan dan penyembuhan di seluruh tubuh.

Keberadaannya juga berperan dalam perbaikan luka hingga penyerapan zat besi.

Meskipun tidak ada cara pasti untuk mencegah kanker, sangat disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada November 2018 di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa diet dan konsentrasi darah yang tinggi antioksidan dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah.

4. Membantu Mengurangi Berat Badan Nanas bisa menjadi salah satu pilihan camilan yang baik karena rendah kalori, serta tinggi vitamin dan mineral.

Bahkan, buah nanas juga tidak termasuk sebagai lemak jenuh atau lemak trans. Sejatinya, buah atau sayuran tidak akan benar-benar bisa menurunkan berat badan.

Namun, mengonsumsinya dapat membantu seseorang untuk tetap kenyang tanpa mandungan kalori yang tinggi.

Terlebih, nanas memiliki kalori yang lebih rendah daripada makanan manis lainnya. Jika seseorang makin sedikit konsumsi kalori seperti yang ada pada buah nanas, maka hal tersebut dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Menangkal Penyakit Buah nanas menghasilkan antioksidan yang dapat membantu memerangi peradangan dan radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas sendiri merupakan molekul yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan masalah kesehatan.

Di antaranya penyakit jantung, diabetes, penyakit Alzheimer, dan masalah penglihatan. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti nanas dapat membantu melawan risiko terkena penyakit tersebut.

Editor : Tuty Ocktaviany