Tangerang Raya Belum Dapat Informasi Soal Alokasi Vaksin Covid-19

84

wali-kota-tangerang-arief

Wilayah Tangerang Raya yang meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan belum ada informasi alokasi Vaksin Covid-19 yang akan diterima dari Pemprov Banten.

Meski Pemerintah Pusat telah memberikan alokasi sebanyak 8.131.798 vaksin bagi pemprov Banten, namun hingga kini belum ada komunikasi lanjut antara Pemprov Banten dengan tiga wilayah di Tangerang Raya.

“Sampai sekarang kita belum dapat informasi  dapat berapa (vaksin) dari pemprov Banten. Saya juga sudah telp Pak Zaki (Bupati  Tangerang) yang juga mengaku belum dapat informasi itu. SOP dan tupoksi-nya juga kita belum jelas buat siapa nantinya vaksin itu, makanya kita belum bergerak apa-apa,” ujar Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat dihubungi media, Rabu (28/10/2020).

Hal senada diungkapkan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany yang mengaku masih belum mendapatkan informasi tentang jatah vaksin yang didapatkan.

Namun demikian, dirinya kini telah menyiapkan skema tertentu dan melakukan pendataan terhadap jumlah penduduk berdasarkan klaster usia.

“Kami mengikuti arahan dan masukan dari kementerian kesehatan terkait siapa yang akan didahulukan jika nanti ada vaksin Covid-19. Dimana telah menyiapkan sejumlah dokter, perawat dan yang lainnya, dan untuk teknis pelaksanaannya, kita masih menuggu arahan Pemprov Banten,” katanya.

Sementara, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, Dr. Hendra Tarmizi  menjelaskan bahwa hingga kini Pemkab Tangerang belum menerima alokasi jatah vaksin yang akan diterima daerahnya.

“Sampai saat ini belum dapat informasinya dapat berapa (Vaksin Covid-19). Sejauh ini kita baru mendata jumlah Tenaga Kesehatan dan anggota TNI / Polri yang ada di Kabupaten Tangerang yang rencananya akan mendapat vaksinnya. Jadi memang Pemprov Banten masih menunggu data fix-nya dari masing-masing kabupaten dan kota baru nantinya akan dibagikan,” tutupnya. (Yoga)