3 Calon Sekda Cilegon Telah Ditetapkan, Siapa Terpilih?

154

IMG_20201014_084750

Tahapan open Bidding Jabatan Pimpinan Pratama (JPT) untuk jabatan Sekertariat Daerah (Sekda) Kota Cilegon memasuki tahapan final dengan menetapkan 3 nama yang terseleksi melalui Panitia Seleksi (Pansel) yang diketuai oleh Fauzi Sanusi.

Tiga nama yang ditetapkan itu adalah, Mwman Mauludin (Kepala BPKAD dan Ok Sekda Cilegon), Nana Sujaksani (Asda III Bidang Administrasi umum Pemkot Cilegon) dan Mahmudin (Kadis Pariwisata dan Budaya Pemkot Cilegon).

Sebelumnya ada lima calon Sekda yang mendaftar melaui Open Bidding, dan Pansel yang pimpin Doktor Fauzi Sanusi yang juga Dekan di Universitas Tirtayasa Serang ini menetap tiga nama besar dengan Peraihan suara akumulasi berdasarkan nilai.

“Jadi total itulah tiga besarnya berdasarkan nilai,” ujar Fauzi Sanusi kepada wartawan, Senin (12/10/2020).

Soal tidak diumumkannya nilai peserta ke publik, Fauzi berdalih hal itu berdasarkan Permen PAN-RB No.15 Tahun 2020.

“Untuk publik, karena ada aturan kerahasiaan (nilai). Jadi kita nggak berani buka kalau itu,” ucapnya.

Akademisi Untirta ini juga menegaskan, pihak panitia seleksi siap bertanggungjawab, karena semua tahapan open bidding sudah sesuai dengan aturan.

“Sangat bisa dipertanggungjawabkan, ini kan pertanggungjawaban ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara). Nilai kita di KASN,” jelasnya.

Fauzi juga menjelaskan, bahwa yang masuk dalam tiga besar calon Sekda Kota Cilegon, hasilnya tersebut berdasarkan akumulasi nilai yang masuk setelah melalui semua tahapan, mulai dari assessment, wawancara, atau tertulis, serta rekam jejak yang dilakukan oleh Inspektorat.

Diketahui tiga nama tersebut merupakan para birokrat yang telah banyak berkiprah dalam karir birokrasinya, Maman Mauludin diketahui sebelum menjabat sebagai Penjabat Sekda Kota Cilegon dan kepala BPKAD juga sempat menjadi Plt Kepala Bappeda kota Cilegon dan Plt Kadis Dinsos kota Cilegon.

Sementara Dana Sujaksani diketahui sebelumnya pernah menjabat Plt DPMPTSP dan kepala Dishub kota Cilegon dan jauh sebelumnya juga pernah menjadi Sekdis Bappeda kota Cilegon.

Sementara Mahmudin dalam karirnya diketahui pernah menjabat cukup lama sebagai kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) kota Cilegon dan saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (BUDPAR) Kota Cilegon. (Bi/red)