Miris, Masih Ada Wilayah di Kabupaten Tangerang Tanpa Listrik

2149

IMG-20200310-WA0052

Tangerang – Listrik bagi masyarakat sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang sangat penting, bukan hanya untuk keperluan rumah tangga tapi juga sebagai penunjang kegiatan ekonomi masyarakat.

Pemerintah melalui PT PLN sendiri menyadari kebutuhan tersebut. Itu sebabnya Pemerintah menargetkan seluruh wilayah di Indonesia dapat teraliri listrik di tahun 2019.

Sayang target elektrifikasi tersebut meleset sehingga masih ada wilayah-wilayah tertentu yang belum bisa menikmati strum dari PLN. Salah satunya wilayah utara Kabupaten Tangerang.

Ketiadaan listrik di wilayah Kabupaten Tangerang sangat disesalkan anggota Komisi VII Bidang Iptek, Energi dan Lingkungan Hidup DPR RI, Mulyanto.

Anggota FPKS DPR RI dari Daerah Pemilihan Banten 3 yang meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang itu heran, di Kabupaten Tangerang yang secara geografis tidak jauh dari ibukota saja masih ada wilayah yang belum teraliri listrik, apalagi wilayah lain yang termasuk daerah 3T, terluar, terdalam dan terpencil.

Dalam kunjungan kerja reses ke Kantor PLN Cikupa Tangerang, Senin (9/3) Mulyanto minta PLN memperhatikan capaian target elektrifikasi di Kabupaten Tangerang. Menurut Mulyanto harusnya Kabupaten Tangerang sudah 100% teraliri listrik. Bukan hanya karena lokasinya tidak jauh dari ibukota tapi di Kabupaten Tangerang juga terdapat pembangkit listrik dengan kapasitas produksi yang besar.

“Jadi sangat tidak masuk akal kalau di Kabupaten Tangerang masih ada daerah yang belum teraliri listrik,” tegas Mulyanto.

Untuk itu Mulyanto minta PLN membuat program yang dapat merealisasikan target elektrifikasi itu. Mulyanto mengimbau PLN bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang menyelenggarakan bantuan pemasangan listrik bagi keluarga tidak mampu. Anggaran bisa dialokasikan dalam APBD dan dana bina lingkungan atau CSR PLN.

“Bila kecepatannya pemasangan listrik baru untuk warga kurang mampu tetap seperti sekarang ini, maka mustahil target tersebut tercapai. Perlu kerja cepat dan perhatian yang sungguh-sungguh Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang dan PLN itu sendiri,” tegas Mulyanto.

Dalam kunjungan tersebut Mulyanto didampingi anggota DPRD Provinsi Banten Asnin Syafiudin dan anggota DPRD Kabupaten Tangerang Hidayatullah dan Nawawi. Ketiganya dari Fraksi PKS.

(Subhan Akbar)