Pemberangkatan Ribuan Calon Jemaah Umrah Tertunda di Bandara Soetta

8289

images (6)

Pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II mencatat, kurang lebih 1.300 calon jemaah umroh harus tertunda keberangkatannya menuju Arab Saudi. Menyusul adanya keputusan menangguhkan sementara waktu penerbangan menuju Jeddah dan Madinah akibat mewabahnya virus Corona.

Chief Officer In Charge Bandara Soekarno-Hatta, Achmad Chairul mengatakan, terdapat 8 penerbangan langsung ke Arab Saudi dan satu penerbangan transit untuk layanan umrah dari Bandara Internasional Soetta.

“Total 9 maskapai, yakni empat dari Garuda Indonesia, tiga dari Saudia Airlines, satu dari Lion Air dan satu lagi Batik Air yang transit ke Singapura. Dan itu semua terpaksa ditunda sesuai dengan keputusan pemerintah Arab Saudi,” tutur Achmad di Terminal 3, Kamis (27/2/2020).

Dari itu semua, total yang tertahan di Soetta ada 1.300 jemaah. Chairul juga menjelaskan, ada sekitar 700 jemaah yang sebelumnya sudah berangkat dari Jakarta menuju Arab Saudi dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.

“Sudah ada yang berangkat, tapi memang hingga saat ini belum ada informasi kepada kami akan tindak lanjutnya, sejauh ini kami terus memantau,” ujarnya.

Sementara itu, soal keberadaan jemaah umrah di area bandara, pengelola pun memberikan kapasitas khusus para jemaah. Para jemaah dikumpulkan di satu tempat yang berada di kawasan Gate 5, Terminal 3, Bandara Soetta.

“Satu tempat kita sediakan untuk bisa mempermudah jemaah mendapatkan informasi,” kata Achmad.

(Liputan 6)