Hari in Presiden Jokowi Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri

47

presiden-joko-widodo-melantik-komisaris-jenderal-idham-azis-menjadi-kapolri-rihadin-4JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Komjen Idham Azis sebagai Kapolri pagi ini di Istana Negara, Jakarta Selatan, Jumat (1/11/2019).

Idham Azis sebelumnya juga sudah mendapat persetujuan dalam Rapat Paripurna DPR  pada Kamis (31/10/2019) untuk menjabat sebagai Kapolri.

Pelantikan Idham berdasarkan Keppres Nomor 98 Polri 2019 tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Perwira Tinggi Polri.

Dalam pelantikan tersebut Idham Azis disumpah berdasarkan agama Islam.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan menandatangani berita acara pelantikan. Setelahnya, Jokowi menyalami Idham dan para komisioner komisi kejaksaan.

Presiden Joko Widodo melantik Komisaris Jenderal Idham Azis menjadi Kapolri-rihadin 2 Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat pada Idham Azis yang dilantik sebagai Kapolri.(rihadin)

Setelah  resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kapolri,  Idham pun mendapat kenaikan pangkat dari Komjen menjadi Jenderal.

Pembacaan keputusan kenaikan pangkat dilakukan usai pengambilan sumpah jabatan Kapolri oleh Presiden,

Setelah itu, Jokowi menyematkan tanda pangkat bintang empat di bahu Idham, dan juga menyerahkan tongkat komando.

Turut hadir dalam pelantikan ini Ketua DPR Puan Maharani hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan sejumlah pimpinan parpol, salah satunya Ketum NasDem Surya Paloh.

Idham resmi dilantik sebagai Kapolri, menggantikan Jenderal (Purn) Tito Karnavian yang menjadi Menteri Dalam Negeri.
Idham juga sudah melewati proses fit and proper test di Komisi III DPR. Nama Idham kemudian dibawa ke rapat paripurna dan disepakati menjadi Kapolri.(tri)