Di Lebak Puluhan Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang Disertai Hujan Lebat

99

longsor

Bidik, Lebak  – Hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran petir menerjang wilayah Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten hingga puluhan pohon tumbang dan mengakibatkan arus lalu lintas macet.

“Peristiwa hujan lebat disertai angin kencang terjadi pukul 14.20 WIB, namun beruntung tidak menimbulkan korban jiwa,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi, Senin.

Hujan lebat disertai angin kencang dan petir melanda wilayah Kabupaten Lebak hingga mengakibatkan puluhan pohon tumbang di sejumlah ruas jalan di Kota Rangkasbitung.

Diprakirakan cuaca buruk tersebut berlangsung selama 30 menit, tetapi beruntung tidak menimbulkan korban jiwa. Kemungkinan para pengemudi tidak berani menjalankan kendaraan saat hujan lebat disertai petir.

“Kami minta masyarakat agar mewaspadai cuaca buruk itu karena bisa saja mulai memasuki masa perubahan dari kemarau ke musim hujan,” katanya.

Menurut dia, memasuki masa perubahan masyarakat agar mewaspadai terutama bencana banjir, longsor, angin kencang dan sambaran petir.

Begitu juga warga yang tempat kediamanya terdapat pohon agar dilakukan penebangan karena memasuki masa perubahan terjangan angin cukup besar.

Petugas BPBD saat ini tengah melakukan pemotongan pohon tumbang di ruas jalan Swatantra, Multatuli, Alun-alun Multatuli dan Sunan Bonang Rangkasbitung.

Namun, beruntung pohon tumbang itu hingga kini tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Kami sore ini ditargetkan menyelesaikan  penebangan pohon tumbang guna menunjang kelancaran arus lalu lintas,” katanya.

Sementara itu, Yanto, warga Rangkasbitung mengaku bahwa dirinya saat hujan lebat disertai angin kencang berteduh di rumah warga di Jalan Swatentra, namun tiba-tiba terdengar pohon tumbang.

“Kami beruntung berteduh di rumah warga dengan lokasi sekitar 150 meter dari pohon yang tumbang itu,” katanya.