Warga Krenceng Lakukan Aksi Tuntut PT KNSS Libatkan Warga Sekitar

121

IMG-20190711-WA0127

Warga linkungan krenceng Kelurahan Kebonsari Kecamatan Citangkil Kota Cilegon pagi tadi, (11/7) melakukan aksi damai di depan pintu gerbang PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS).

Warga sekitar menuntut agar perusahaan melibatkan lingkungan masyarakat sekitar dalam hal perekrutan tenaga sekitar dan memberikan peluang usaha terhadap pengusaha lokal yang terdekat dengan perusahaan PT KNSS.

Alek selaku koordinator aksi mengatakan agar PT KNSS memberikan peluang kerja serta peluang usaha terhadap masyarakat yang terdekat dengan PT KNSS.

“Saya meminta kepada PT KNSS agar memperhatikan tenaga kerja bagi warga sekitar dan peluang usaha lebih mengutamakan dari lingkungan warga krenceng,”katanya.

IMG-20190711-WA0125

Pihaknya juga berharap agar bisa lebih memperhatikan warga serta pengusaha lokal sekitar.

“Kami berharap agar perusahaan bisa memperhatikan warga terdekat dan pengusaha lokal supaya ada pemerataan terhadap masyarakat sekitar,”tambahnya.

Saat warga melakukan aksinya terlihat salah satu anggota DPRD Cilegon M. Yusuf Amin memberikan himbauan terhadap masyarakat agar dalam menjalankan aksi damai tersebut tidak ada yang anarkis.

“Saya minta masyarakat dalam melakukan aksi damai nya tidak sampai anarkis, masyarakat melakukan aksi damai ini untuk menuntut keadilan sosial bagi seluruh masyarakat yang berada dilingkungan krenceng, dan umumnnya kecamatan citangkil, karena keberadaan perusahaan ini diharapkan mampu mensejahterakan masyarakat, dan keadilan kesejahteraan yang merata,”ucapnya Yusuf Amin, saat mendatangi masyarakat yang melakukan aksi damai.

Dalam kesempatan tersebut Yusuf Amin serta beberapa orang perwakilan dari masyarakat melakukan mediasi diruang rapat PT KNSS.

Seusai mediasi Arief Purnomo selaku GM PT KNSS mengatakan dalam perekrutan tenaga kerja PT KNSS sudah memprioritaskan Warga sekitar.

“Kita sampaikan dari sisi ketenaga kerjaan kami sudah memprioritaskan 91 persen warga Cilegon, 38,9 persen adalah warga Citangkil, dan dari kebonsari, warnasari 41 orang ada nya 25 persen jadi kita sudah memorioritaskan warga sekitar.”ungkapnya.

Mengenai tuntutan mereka dalam hal peluang usaha yang diminta jajaran Direksi PT KNSS akan mendiskusikannya kembali.

“Tentunya kami akan diskusikan kembali, dan untuk perekrutan tenaga kerja kita sudah sesuai,”tandasnya.

Pantauan dilapangan, aksi berjalan tertib dengan dikawal oleh aparat keamanan yang berjaga disekitar lokasi perusahaan.
(Red)