Pemilik Alphard, Porsche, dan Harley Davidson Ingin Miliki  Rusunami DP 0 persen

136

SAVE_20190724_154448

BIDIK, JAKARTA — Banyak pemilikkendaraan mewah yang mendaftarkan diri untuk membeli Rusunami Klapa Villagedengan down payment (DP) Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Kepala UPT Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Dzikran Kurniawan mengatakan, hal itu diketahui berdasarkan data milik Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta.

“Ternyata cukup banyak juga, ada beberapa orang yang memiliki Toyota Alphard, ada yang teridentifikasi memiliki kendaraan Porsche warna merah, Porsche Boxster, ada juga yang memiliki motor Harley-Davidson,” ujar Dzikran di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Dzikran menyampaikan, Dinas Perumahan tidak bisa mengontrol warga yang ingin mendaftar. Yang bisa dilakukan adalah menyeleksi para pendaftar sehingga program DP Rp 0 di Rusunami Klapa Village tepat sasaran.

Karena itu, Dinas Perumahan tidak meloloskan para pemilik kendaraan mewah untuk bisa membeli Rusunami Klapa Village.

“Itu faktanya yang kami temukan sehingga itu termasuk yang tidak lolos seleksi administrasi,” kata dia.

Dzikran menyampaikan, Rusunami Klapa Village diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan penghasilan keluarga Rp 4 juta-Rp 7 juta per bulan.

Dari 2.359 pendaftar, ada 1.790 warga yang lolos tahap seleksi administrasi untuk membeli Rusunami Klapa Village. Mereka berhak mengajukan kredit kepemilikan Rusunami Klapa Village ke Bank DKI.

Mereka akan diminta untuk melengkapi berkas permohonan pengajuan kredit dan memilih unit hunian mulai 27 Juli sampai 4 Agustus 2019. (Red)

Bank DKI rencananya mengumumkan pendaftar yang permohonan kreditnya disetujui pada pertengahan atau akhir Agustus 2019.