Idul Fitri, Tukang Mainan dan Outlet HP Banjir Rezeki

102

Toko mainan anak-anak ramai dikunjungi pembeli saat Lebaran. (dadan)Toko mainan anak-anak ramai dikunjungi pembeli saat Lebaran. (dadan)

Masyarakat kerap memanfaatkan libur Hari Raya Idulfitri atau Lebaran dengan menghabiskan waktu di luar, usai berkumpul dan silaturahmi dengan keluarga.

Meski di rumah tersedia banyak makanan, minuman dan camilan, namun dirasa belum afdal kalau belum bepergian ke luar rumah terlebih kocek masih penuh.

Ada sejumlah tempat di kota Cilegon, yang menjadi “serbuan” masyarakat membelanjakan uangnya.

Seperti terpantau  pada, Jumat (7/6/2019) atau H+2 Lebaran, toko mainan anak-anak penuh sesak oleh anak anak membelanjakan uang Lebaran, disusul kios isi ulang kuota dan pulsa serta outlet penjualan HP.

Tak kalah ramainya, tukang bakso yang mendadak melipatgandakan stok jualan diserbu masyarakat terutama kalangan ibu ibu. Ada lagi, penjual rujak, pun tak luput dari serbuan masyarakat Lebaran.

Fenomena serbuan masyarakat lebaran ke toko mainan sudah dirasakan sejak seminggu sebelum Lebaran. Namun, puncak membludaknya pengunjung terjadi pada hari Lebaran hingga H+2 Lebaran.

“Fenomena ini biasanya berlangsung hingga H+10 Lebaran,” ungkap Nurul salah seorang pengamat sosial kemasyarakatan, Jumat (7/6/2019).

Diakuinya, fenomena serbuan masyarakat lebaran membelanjakan uang untuk membeli mainan anak-anak sudah berlangsung rutin setiap tahun.

(Dadan/bb)