Wajah-wajah Baru Bakal Warnai DPRD Cilegon

360

Picture2

CILEGON – Figur-figur baru bakal mewarnai kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon. Beberapa partai mengaku adanya wajah baru yang akan duduk di DPRD Kota Cilegon periode 2019-2024.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Cilegon Alawi Mahmud mengatakan, pihaknya sudah mengamankan empat kursi DPRD Kota Cilegon. Ia juga mengklaim jika raihan tersebut bisa bertambah. “Saat ini yang sudah aman ada empat kursi DPRD Cilegon, masih bisa tambah satu. Dari empat kursi yang berpeluang besar diraih PAN, tiga kursi milik anggota DPRD baru,” kata Alawi dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (28/4).

Dikatakan Alawi, dari tiga kursi yang kemungkinan besar diraih oleh anggota DPRD baru dari PAN, daerah pemilihan (dapil) I yaitu Anugerah Chaerullah, dapil II Edison Sitorus dan Masduki, sementara dapil III anggota DPRD lama yaitu Hasbudin. “Kalau dapil IV kami masih berharap, Bu Nurseha bisa masuk lagi. Artinya sudah ada tiga anggota DPRD baru yang akan jadi anggota DPRD periode 2019-2024,” katanya.

Alawi menambahkan, kesuksesan caleg baru dari PAN lantaran caleg baru menyiapkan diri baik mental maupun materi untuk kampanye secara matang. Baginya, tidak ada perbedaan antar caleg baru dan petahana. “Pilihan kami kembalikan ke rakyat. Partai hanya bertugas mendorong raihan suara dan raihan kursi sebanyak-banyaknya,” katanya.

Sekretaris DPD Partai Golkar Cilegon Sutisna Abas mengaku belum bisa memastikan secara raihan kursi DPRD Kota Cilegon. Namun, berapapun raihan kursi yang akan didapat oleh Partai Golkar di DPRD Kota Cilegon, tampaknya banyak juga wajah baru yang akan mengisi kursi di DPRD Cilegon.

“Saat ini penghitungan suara masih terus dilakukan, jadi kami belum bisa menyampaikan nama-nama yang akan duduk di DPRD Cilegon. Kami juga belum bisa menyebut apakah meraih 10 kursi seperti periode sekarang atau bisa tambah kursi,” akunya.

Sutisna mengungkapkan, beberapa caleg baru yang berpeluang besar duduk di DPRD Kota Cilegon juga sudah tergambarkan. Diantaranya, Rangga Ofan dari dapil IV, Rafiudin dari dapil II. “Bahkan di dapil II dari Partai Golkar, selain Pak Isro (Isro Mi’roj -red)  rata-rata caleg baru, karena anggota dewan petahana banyak yang tidak nyalonin lagi, wajah baru untuk duduk di DPRD Cilegon kemungkinan besar ada.Kemungkinan anggota dewan baru dan incumbent fifty-fifty,” ujarnya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kota Cilegon Hasbi Sidik mengatakan, dari enam kursi DPRD Cilegon yang berpotensi diraih, empat diantaranya wajah baru. Wajah baru dari dapil II Sokhidin, dari dapil III Faturohmi, dari dapil IV Gufron dan Sadeli. “Dua wajah lama saya dan Pak Babay (Babay Suhemi) dan empat wajah baru,” katanya ditemui beberapa waktu lalu.

Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Cilegon Reno Yanuar mengatakan, untuk DPRD Kota Cilegon pihaknya sudah mengamankan empat kursi DPRD periode 2019-2024. Namun, raihan kursi diprediksi masih bisa bertambah lantaran saat ini penghitungan suara masih terus dilakukan. “Dari empat kursi itu, dua anggota dewan lama dan dua anggota dewan baru,” kata Reno.

Reno menjelaskan, dua anggota DPRD baru yang berpeluang duduk di DPRD dari dapil I yaitu Ahmad Sudrajat dan dari dapil IV Risma Ayu. Sementara, dari dapil II masih Yusuf Amin dan dari dapil III Nonni Purba. “Dapil I dan dapil IV anggota dewan baru karena anggota dewan lama tidak lagi nyalon,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Berkarya Banten Helldy Agustian mengklaim empat kursi di DPRD Kota Cilegon. Partai Berkarya sebagai partai baru yang turut dalam Pemilu 2019 ini, tentu caleg-calegnya juga baru. Setiap dapil, Berkarya akan diisi oleh satu caleg. “Masing-Masing dari Dapil I Iing Mudakir, dapil II Sabihis, dapil III Buhaety Romli, dan dapil IV Dimas Saputra, karena partai baru, anggota dewannya juga baru,” ungkapnya.

(Banten Raya)