Ijtima Ulama III Digelar di Jakarta Libatkan Para Tokoh Politik

283

1a4a7882-5765-4d3e-bce1-ed86ad275593_169

Sejumlah Ormas Islam telah membentuk panitia pelaksana untuk menggelar ijtima ulama III. Rencananya ijtima ulama III juga akan melibatkan tokoh politik.

Ketua Media Center PA 212 Novel Bamu’min mengatakan kemungkinan besar ijtima ulama III akan digelar di Jakarta.

“Insya Allah lokasi di Jakarta dan dihadiri kurang lebih 1500 ulama,” kata Novel, Senin (29/4).

Wacana Ijtima Ulama III dilontarkan pertama kali oleh Ketua Umum DPP Front Pembela Islam (FPI) Sobri Lubis. Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, Sobri Ijtimak Ulama digelar untuk merespons dugaan kecurangan pada Pemilu 2019.

Ijtima Ulama sudah pernah digelar dua kali oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama pada 2018 lalu. Dua ijtima ulama yang digelar itu semuanya membahas terkait dukungan dalam Pilpres 2019.

Novel mengatakan, ijtima ulama kali ini membawa nama ‘Ijtima Ulama dan Tokoh III.’ Menurutnya, hasil ijtima ulama nantinya akan diserahkan kepada sejumlah ketua umum partai politik sehingga harus melibatkan tokoh politik.

“Kali ini banyak tokoh yang harus dilibatkan yaitu termasuk dari tokoh partai sebagai masukan info perkembangan partai karena mereka yang akan mengawal,” katanya.

Artinya, kata Novel, hasil dari ijtima ulama ke tiga ini direkomendasikan kepada partai politik. Sejumlah Ormas yang duduk dalam panitia pelaksana ijtima yakni, FPI, GNPF Ulama, PA 212 dan berbagai ormas Islam lainnya.

Panitia Pelaksana ijtima ulama dan tokoh III ini diketuai oleh Yusuf Muhammad Martak. Dia juga tercatat sebagai anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.