Ternyata Indonesia Pengimpor Air Terbesar ke 6 Dunia

178
1550486068894

Jakarta – Setiap tahun Indonesia harus mengimpor air rata-rata sebesar 101,7 miliar meter kubik. Padahal Indonesia merupakan produsen air terbesar ke-5 di dunia dengan volume 3,9 triliun meter kubik air per tahun.

“Tanaman kapas dan orang pemintal juga butuh air konsep air maya atau virtual water bukan air secara fisik tetapi dari produknya. Total impor air kita per tahun mencapai 101,7 miliar meter kubik. Kita importir tetap air,” kata Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air Kementerian PU Arie Setiadi saat ditemui di Hotel Four Seasons Kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa (18/2/2014).

Menurut catatan Kementerian PU, Indonesia adalah importir air terbesar ke-6 di dunia. Pengimpor air di dunia adalah Pakistan dengan nilai impor 428,5 miliar meter kubik.

Arie menjelaskan Indonesia menjadi pengimpor tetap air karena setiap tahun harus mengimpor komoditas pertanian seperti gandum, jagung, kedelai dan kacang-kacangan yang jumlahnya kandungan airnya mencapai 26,7 miliar meter kubik.

“Kita seharusnya banyak produksi karena kita banyak hasilkan air. Kita impor gandum, daging dan lain-lain dan ini sangat disayangkan padahal kita bisa produksi itu di Indonesia,” katanya.

Selain impor, setiap tahun Indonesia juga mengekspor air dalam bentuk minyak kelapa sawit (palm oil). Menurut Arie, Indonesia cukup dirugikan karena pada dasarnya kelapa sawit adalah tanaman yang boros air.

“Kita banyak ekspor air tetapi dengan nilai yang tidak baik seperti banyak produk-produk yang memerlukan banyak air seperti palm oil,” jelasnya.

Sumber: detik.com