Tanpa Messi, Barcelona Tumbang 1-2 dari Levante

112

Philiipe Coutinho cetak gol lewat tendangan penalti (reuters)Philiipe Coutinho cetak gol lewat tendangan penalti (reuters)

Tampil dengan pemain pelapis kedua, Barcelona tumbang 1-2 dari Levante pada laga leg pertama babak 16 Copa del Rey di Estadio Ciudad de Valencia, Jumat (11/10/2019) dinihari WIB.

Dua gol tuan rumh dicetak pada menit ke empat oleh Erick Cabaco dan gol Borja Mayoral menit ke-18. Sedangkan gol balasan Barca diciptakan oleh Philippe Coutinho menit ke-85

Dengan kekalahan ini Barcelona harus bekerja keras di leg kedua di kandangnya Camp Nou pekan depan. Jika ingin lolos ke babak perempat final, Barca wajib menang minimal 1-0.

Menghadapi Levante, pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengistirahatkan sebagian besar pemain intinya termasuk Lionel Messi dan Luis Suarez. Yang jadi bomber Blaugrana adalah Coutinho, Ousmane Dembele dan Denis Suarez,

Barcelona dikagetkan dengan gol cepat tuan rumah menit keempat. Berawal dari tendangan bebas yang dilakukan oleh Ruben Rochina. Bola yang melambung ke kotak penalti Barca disundul oleh Erick Cabaco tanpa bisa dijangkau kiper Cillesen.

Tertinggal berusaha bangkit lalu menekan pertahanan Levante. Keasyikan menyerang justru gawang Barca kembali kebobolan. Berawal dari serangan cepat yang dibangun oleh Emmanuel Boateng lalu menyodorkan bola ke Borja Mayoral.

Dengan kaki kanannya Borja Mayoral melepaskan tembakan tanpa bisa dijangkai kiper Barca.

Kedua gol itu membuat Barca panik. Mereka kian tertekan . Menit ke-40, Levante nyaris menambah keunggulan . Sayang tembakan Borja Mayoral memanfaatkan assist dari Moses Simon masih bisa diselamatkan Cillesen. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 2-0 .

Memasuki babak kedua Barca berbalik menekan pertahanan Levante. Mereka beharap mencetak gol agar tidak terlalu berat beban mereka di leg kedua pekan depan.

Segala usaha dilakukan Coutinho, Dembele dan Deni Suarez. Beberapa kali peluang mereka gagal berbuah gol.

Seperti pada menit ke-58 tendangan keras Coutinho usai menerima umpan dari Carles Aleñá bisa bisa diblok kiper lawan.

Menit ke-82 giliran Ousmane Dembélé yang mencoba keberuntungan setelah menerima umpan dari Sergi Roberto. Sayang tendangan pemain asal Prancis ini masih gagal menjadi gol.

Gol yang ditunggu-tunggu oleh Barca akhirnya tercipta menit ke-85. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan pemain belakang Levante terhadap Denis Suarez di kotak terlarang.

Wasit langsung menujuk titik putih. Coutinho yang bertindak sebagai algojo berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Gol itu menambah daya gedor permain-pemain Barca. Mereka terus mengurung pertahanan tuan rumah. Hanya saja tidak ada lagi gol tercipta dan Blaugrana harus mengakui keunggulan Levante. Tanpa Messi dan Luis Suarez memang Barca masih payah. (bb)