Samsung dan Apple Bangun Kesepakatan soal Distribusi Konten iTunes

124

Samsung dan Apple menjalin kerja sama baru. Berdasarkan keterangan Samsung, perusahaan akan menambahkan sebuah aplikasi untuk smart TV besutannya, agar para pengguna bisa menonton konten yang dibeli dari layanan iTunes Apple.

Dilansir Reuters, Selasa (8/1/2018), kesepakatan ini diprediksi sebagai langkah pertama Apple untuk mendistribusikan layanan televisi terbarunya ke berbagai perangkat yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan lain.

Selain itu, kerja sama ini juga merupakan bagian dari perubahan strategi berkelanjutan bagi Apple, mengingat penjualan hardware yang sedang tidak begitu baik, terutama di Tiongkok.

Melemahnya bisnis hardware, membuat Apple harus memperkuat bisnis berbagai layanannya yang lain, termasuk penyimpanan iCloud, selain bisnis konten film, televisi, dan musik.

Apple pun telah mengumumkan beberapa perjanjian penting untuk konten TV original, termasuk acara baru dengan Oprah Winfrey.

Kesepakatan dengan Samsung pun bisa menjadi langkah selanjutnya bagi Apple untuk mendistribusikan kontennya ke berbagai perangkat.

Berdasarkan kesepakatan baru ini, Samsung akan menambahkan sebuah aplikasi di dalam TV miliknya, sehingga pengguna bisa menelusuri dan memainkan film dan acara TV yang ada di iTunes. Pengguna pun bisa membeli konten baru iTunes melalui aplikasi tersebut.

Samsung mengatakan juga akan menambahkan software AirPlay 2 milik Apple, sehingga para pemilik iPhone bisa menampilkan konten mereka dari perangkatnya di TV Samsung.

Sejauh ini belum banyak yang diketahui soal perjanjian baru Apple dan Samsung ini, termasuk kemungkinan pembagian keuntungan dan biaya yang dikeluarkan kedua perusahaan.

Adapun kesepakatan dengan Samsung, merupakan kedua kalinya kerja sama serupa bagi Apple. Pada November 2018, dilaporkan bahwa Apple Music akan tersedia di speaker pintar Echo Amazon.