Liverpool Akhirnya Keok di Kandang Manchester City    

183
Sergio Aguero merayakan gol ke gawang Liverpool (reuters)

Sergio Aguero merayakan gol ke gawang Liverpool (reuters)

Akhirnya Liverpool merasakan kekalahan pertamanya musim di Liga Inggris setelah keok 1-2 dari Manchester City di Etihad Stadium, Jumat (4/1/2018) dinihari WIB.

Gol kemenangan Man City diciptakan oleh Sergio Aguero menit ke-40 dan gol Leory Sane menit ke-72. Sedangkan gol balasan Liverpool diciptakan oleh Roberto Firmino menit ke-64.

Dengan hasil ini, hingga laga ke-21 Liverpool tetap berada di puncak klasemen mengemas 54 poin sedangkan Manchester City persis di bawahnya dengan nilai 50 .

Meski masih berada di bawah Liverpool, namun kemenangan ini bagi City membuat mereka kembali optimis bisa mempertahankan gelar. Sebab jika tadi kalah tentu peluang anak asuh Pep Guardiola itu akan semakin sulit mengejar The Reds, terutama secara psikologis.

Sedangkan bagi Liverpool tentu kekalahan ini memutus tali rantai mereka yang hingga laga ke-20 belum pernah kalah. Meski demikian anak asuh Jurgen Klop itu masih bisa meraih trofi pertamanya musim ini.

Laga penuh gengsi kedua tim sejak menit awal langsung mempertontonkan jual beli serangan.
Menit ke-18, Liverpool nyaris unggul ketika, Sadio Mane melepaskan sepakan mendatar yang namun masih membentur tiang gawang.

Bola lantas dibuang Stones namun bola malah berbalik ke arah gawang karena mengenai Ederson, beruntung Stones berhasil membuang bola tepat di garis gawang sebelum disosor Salah.
City yang terus berusaha mencari gol pertama tetap kesulitan menembus pertahanan Liverpool. Bek Virgil van Dijk jadi tembok tangguh yang sulit dilalui Sergio Aguero, Raheem Sterling maupun Leroy Sane.

Namun akhirnya penonton tuan rumah bergemuruh ketika menit ke-40 Aguero berhasil mencetak gol untuk The Citizen.

Bermula ketika Bernardo Silva dari sisi kiri kotak penalti memberikan umpan tarik kepada Aguero. Dari tiang dekat pemain asal Argentina itu melepaskan tembakan kaki kiri nan keras yang mengarah ke atas dalam gawang tanpa bisa dihentikkan Alisson. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-0 untuk City

Memasuki babak kedua, Liverpool berusaha keluar dari tekanan. Dan menit ke-64 berhasil menyamakan kedudukan ketika umpan silang manis dikirim oleh Alexander-Arnold ke tiang jauh. Bola diterima Robertson yang langsung memantulkan bola ke tiang dekat dan disambar tandukan Firmino ke gawang yang sudah kosong.

Namun City kembali unggul pada menit ke-72 lewat gol Sane. Gol itu tercipta ketika Sterling membawa bola dan memberikan umpan ke kotak penalti. Sane yang ada di depan gawang lalu melepaskan sepakan mendatar dengan brilian yang melewati hadangan Alisson, Meski bola sempat membentur tiang , namun akhirnya masuk ke gawang Liverpool.

Menit ke-90 Manchester City nyaris menambah keunggulan ketika Bernardo Silva melepaskan tembakan keras dari jarak dekat yang masih bisa dimentahkan Alisson. Bola liar gagal dibuang Lovren dan jatuh di kaki Sterling yang langsung mengeksekusi bola, sayang sepakan kerasnya masih membuat bola melenceng dari sasaran.

Di sisa lima menit waktu tambahan kedua tim terus ngotot mencari gol namun tidak ada yang tercipta sehingga kedudukan akhir tetap 2-1 untuk City. (bb)