Kondisi Cuaca Buruk Hambat Proses Evakuasi Korban Longsor Sukabumi

194

download

Guna mempercepat proses evakuasi korban longsor di Kampung Cimapag, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, BNPB telah menambah alat berat. Kendati demikian, sejumlah relawan dan Tim SAR Gabungan masih dihadang kendala cuaca buruk yang kerap terjadi di lokasi bencana.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (3/1/2019), medan yang berat dan terjal, serta kerap diiringi hujan deras, membuat proses evakuasi korban bencana longsor sedikit terhambat.

Bahkan kondisi tersebut memaksa Tim SAR harus beberapa kali ditarik mundur dari titik longsor untuk menghindari bahaya longsor susulan.

Selain itu, proses evakuasi juga terkendala karena minimnya alat berat. Saat ini Tim SAR hanya mengandalkan dua alat berat, padahal idealnya sedikitnya enam alat berat.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban meninggal korban longsor Sukabumi sebanyak 15 jiwa. 20 orang masih dalam pencarian, dan korban selamat berjumlah 64 orang. Selain korban jiwa, 30 unit rumah penduduk juga tertimbun material longsor.  (Galuh/bb)