Sempat Tertinggal, Liverpool Marah Bantai Arsenal 5-1

46

 

Roberto Firmino saat menjebol gawang Arsenal (reuters)Roberto Firmino saat menjebol gawang Arsenal (reuters)

Sempat tertinggal, Liverpool marah dan berbalik unggul telak 5-1 saat menjamu Arsenal di Anfield dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu (30/12/2018) dinihari hari. Dengan demikian hingga laga ke-20 atau separuh musim The Reds belum pernah kalah.

Kemenangan telak The Reds tidak lepas dari tiga gol Roberto Firmino yaitu menit ke-14, menit ke-16 dan menit ke-65. Dua gol lagi untuk Liverpool dicetak oleh Sadio Mane menit ke-32 dan gol Mohamed Saleh pada masa injury time babak pertama.

Sedangkan gol Arsenal dicetak oleh Maitland-Niles menit ke-11.

Hasil ini selain membawa Liverpool juara Boxing Day dan juara paruh musim juga membuat mereka kian kokoh di puncak klasemen mengenas 54 poin beda sembilan poin dari Tottenham Hotspur di peringkat kedua.

Sedangkan bagi Arsenal kekalahan ini membuat mereka kian sulit menembus posisi empat besar. Sebab hingga laga ke-20 baru mengemas 38 poin berjarak dua dari Chelsea yang baru bermain19 kali.
Sebetulnya Arsenal sempat mengejutkan penonton di Anfield lewat gol cepat pada menit ke-11. Gol ini berawal dari kerjasama Aaron Ramsey dan Iwobi. Lalu Iwobi melepaskan umpan ke tiang jauh. Di sana ada Maitland-Niles yang tak terkawal dengan mudahnya mencocornya dari jarak dekat dan Alisson tak bisa berbuat apapun.
Namun tiga menit kemudian Firmino mampu membawa Liverpool menyamakan skor 1-1. Gol itu berawal ketika Mohamed Salah melepaskan tembakan ke kotak penalti dan tejadi reebound sehingga bola bergulir liar.Bola lantas mengarah kepada Firmino yang tanpa kawalan dan dengan mudah menceploskannya ke gawang Leno.
Firmino membawa Liverpool berbalik unggul menit ke-16 . Pemain asal Brasil itu mendapat umpan terobosan kemudian sendirian membawa bola hingga kotak penalti Arsenal dan mengecoh dua bek tengah, sebelum menembaknya dari jarak dekat dan juga menipu kiper The Gunners. Gol yang sangat berkelas.
Sadio Mane membawa Liverpool menjauh. Awalnya Robertson mengirim umpan kepada Salah. Namun karena pemain asal Mesir itu tidak memiliki ruang tembak lalu mengirim bola kepada Mane. Tanpa ampun dengan kaki kanannya Mane menjebol jala Leno.
Belum puas unggul 3-1, sebelum babak pertama berakhir giliran Mohamed Salah mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan penalti.

Wasit memberikan hadiah penalti karena Sokratis menjegal Salah di kotak terlarang. Pemain Mesir itu jadi algojo dan mampu mengubah skor jadi 4-1 setelah sepakan kencangnya tak bisa dihalau Leno. Babak pertama Liverpool 4 Arsenal 1.

Memasuki babak kedua, Liverpool tidak memberikan Arsenal berkembang. Bahkan mereka justru mampu menambah gol lagi-lagi lewat Firmino menit ke-64.

Awalnya Dejan Lovren dijatuhkan Kolasinac di kotak terlarang. Firmino yang jadi algojo sukses mengecoh Leno untuk mengukir hat-trick sekaligus membawa tuan rumah memimpin 5-1.

Setelah gol tersebut, Liverpool benar-benar bermain aman dan tak banyak melakukan serangan langsung ke pertahanan Arsenal.Skor 5-1 bertahan hingga laga berakhir.(bb)