Kubu Jokowi dan Prabowo Sepakati Isu Ekonomi Jadi Topik Penting Debat

302

1545292762283

Jakarta – Direktur Program Tim Kampanye Nasional Jokowi – Ma’ruf Amin, Aria Bima, mengatakan kedua kubu pasangan capres-cawapres akan menjadikan isu ekonomi sebagai topik penting dalam debat Pilpres 2019. Hal itu dia sampaikan usai rapat koordinasi debat capres-capres di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Tadi semua kelihatannya sepakat persoalan ekonomi menjadi sesuatu yang sama-sama untuk kita tempatkan jadi topik penting debat,” ujar Aria di kantor KPU, Jakarta, Rabu, 19 Desember 2018.

KPU resmi menetapkan jadwal dan tema debat Pilpres 2019 pada hari ini, Rabu, 19 Desember 2018. Ketua KPU Arief Budiman mengatakan debat disepakati akan dilakukan lima kali mulai awal tahun depan dengan lima kelompok tema yang diperdebatkan.

Tema debat pertama yakni tentang hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Kedua tentang energi pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur; dan tema ketiga tentang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan.

Adapun, tema debat keempat berisikan isu seputar ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional; dan tema debat kelima adalah tentang isu ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri.

Meski isu ekonomi jadi topik penting debat, Aria mengatakan tak ada tema yang paling diunggulkan oleh pasangan Jokowi-Ma’ruf dalam debat nanti. Menurut dia, Jokowi-Ma’ruf menganggap semua tema debat merupakan isi yang penting.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Priyo Budi Santoso mengatakan pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga menganggap semua tema debat menjadi isu yang penting. Dia mengatakan Prabowo dan Sandiaga siap berdebat untuk semua tema. “Untuk tema ekonomi sendiri Pak Prabowo siap menjabarkan visi kami,” katanya.

Source: Tempo