Jangan Asal Ganti Lampu Mobil Jika Ingin Aman

314

images

Pemilik mobil terkadang memutuskan untuk mengganti atau memodifikasi lampu agar terasa lebih keren.

Sebagai contoh, memasang LED karena lampu utama/headlamp sebelumnya masih model biasa. Tetapi, harus dipertimbangkan lagi bahwa sebenarnya tidak boleh sembarangan dalam mengganti lampu pada mobil. Kejadian terburuk, bisa menyebabkan hal yang fatal seperti terjadi korslet hingga kebakaran.

Bagi Anda yang ingin kelihatan lampu mobil menjadi keren, menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat sebaiknya dilakukan di bengkel resmi atau spesialis lampu yang sudah terpercaya secara kualitas.

“Pemasangan aksesori elektronik tidak bisa sembarangan karena apabila salah wiring, bisa menyebabkan komputer pada mobil mengalami malfungsi, accu pun menjadi drop bahkan beberapa sensor menjadi malfungsi,” ujar Sapta.

Selain itu, pemilik mobil juga bisa melakukan konsultasi kepada orang yang tepat atau ahli dalam hal modifikasi lampu, agar tidak terjadi kesalahan fatal yang dapat merugikan diri sendiri.

Sony menyarankan, meski masih anak-anak, tetap wajib duduk di jok kendaraan dengan baik dan benar. Maksudnya, duduk tenang dengan menggunakan sabuk pengaman meski di baris kedua.

Jika anak terlalu kecil, car seat bisa jadi solusi. Penggunaannya sudah dianjurkan oleh produsen kendaraan.

“Soal lelah, pengemudi bisa mengatur perjalanan serta komunikasikan dengan seluruh anggota keluarga untuk menyesuaikan kenyamanan pengemudi dan penumpang selama perjalanan. Atur waktu untuk bergantian menyetir dan berisitriahat di rest area,” ucap Sony