Dihadiri Menteri Perindustrian, PT LOTTE Chemical Gelar Ground Breaking

208
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, Mr. Shin Dong Bin, Mr. Huh Soo Young, Mr. Kim Gyo Hyun, Tan Sri Dato’ Abdul Rahman Bin Mamat, Mr. Lee Dong Woo and Mr. Kim Yong Ho membuka seremoni peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya perluasan bisnis petrokimia LOTTE Group
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, Mr. Shin Dong Bin, Mr. Huh Soo Young, Mr. Kim Gyo Hyun, Tan Sri Dato’ Abdul Rahman Bin Mamat, Mr. Lee Dong Woo and Mr. Kim Yong Ho membuka seremoni peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya perluasan bisnis petrokimia LOTTE Group

CILEGON, – PT LOTTE Chemical Indonesia (“LCI”), anak perusahaan LOTTE Chemical Titan Holding Berhad, perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Kuala Lumpur hari ini melakukan peletakan batu pertama (Ground Breaking) untuk LINE Project milik LOTTE Chemical Titan Holding Berhad yang berlokasi di Cilegon, Jawa Barat, Indonesia.

Kegiatan bisnis itu  menjadi terobosan penting dalam pembangunan pabrik petrokimia terpadu kelas dunia oleh LOTTE Group dan LOTTE Chemical Titan Holding Berhad.

Nampak hadir Airlangga Hartarto selaku Menteri Perindustrian RI, Thomas Trikasih Lembong, Kepala BKPM, Edi Ariadi selqku Walikota Cilegon, Duta Besar Korea untuk Indonesia, Mr. Kim Chang Beom, Presdir PT LOTTE Group  Mr. Shin Dong Bin, Mr. Huh Soo Young, Head of Chemicals & industrials BU/Vice Chairman, Mr. Kim Gyo Hyun, President & CEO of LOTTE Chemical Corporation, Korea (“LCC”), Tan Sri Dato ‘Abdul Rahman Bin Mamat, Independent Chairman, LOTTE Chemical Titan Holding Berhad, Mr. Lee Dong Woo, President & CEO, LOTTE Chemical Titan Holding Berhad, dan Mr. Kim Yong Ho, President Director LCI.

Para pejabat pemerintah Indonesia dan para diplomat, Anggota Dewan LOTTE Chemical Titan Holding Berhad, jajaran manajemen LCI, karyawan, dan pejabat, awak media  serta lebih dari 500 tamu hadir untuk menyaksikan seremoni peletakan batu pertama.

Dalam acara itu, Airlangga Hartarto, Mr. Shin Dong Bin, Mr. Huh Soo Young, Mr. Kim Gyo Hyun, Tan Sri Dato’ Abdul Rahman Bin Mamat, Mr. Lee Dong Woo and Mr. Kim Yong Ho membuka seremoni peletakan batu pertama sebagai bentuk dimulainya tahap lanjut perluasan bisnis petrokimia LOTTE Group dan LOTTE Chemical Titan Holding Berhad ke Indonesia.

Diketahui, LOTTE Group telah menjalin kerjasama dengan Indonesia sejak tahun 1993. Indonesia merupakan pasar yang berpotensi bagi grup perusahaan yang memiliki total 12 bisnis di kawasan ini yang terdiri dari sektor distribusi, kimia dan konstruksi. Dengan nilai investasi yang diharapkan mencapai setidaknya 3,5 miliar Dollar AS, LINE Project akan melengkapi tiga pabrik polietilen milik LOTTE Chemical Titan Holding Berhad di Indonesia, yang dioperasikan bersama anak perusahaannya, PT LOTTE Chemical Titan Tbk untuk membuat pabrik petrokimia terpadu.

LINE Project ini terdiri dari pabrik petrokimia skala besar dan nafta yang akan memproduksi produk-produk downstream saat ini tengah dalam perencanaan.

LOTTE Chemical Titan Holding Berhad akan memberikan informasi terkait perkembangan LINE Project seperti misalnya ketika penawaran dan negosiasi dengan perusahaan konstruksi telah dilakukan, serta pembiayaan telah dilakukan yang semuanya diharapkan berlangsung pada tahun 2019.

Konstruksi dijadwalkan berlangsung pada 2019/2020 dan diharapkan selesai pada tahun 2023.

LCC dengan 76% dimiliki oleh LOTTE Chemical Titan Holding Berhad merupakan pelopor dalam industri petrokima dan pemimpin dalam pengembangan industri petrokimia di Korea. Sebagai pemain utama petrokimia di Asia Timur, LCC telah memiliki rekam jejak dalam hal pengetahuan teknis mumpuni di industri petrokimia dan keahlian manajemen proyek tingkat dunia.

Hal ini terbukti dengan keberhasilan pengembangan proyek raksasa di seluruh dunia, seperti proyek kawasan petrokimia di Uzbekistan yang telah beroperasi secara komersial sejak tahun 2016 dan Proyek Etana & MEG senilai 3 miliar Dollar AS di Louisiana, AS, yang dijadwalkan akan beroperasi secara komersial pada awal tahun 2019. Dengan sejumlah pemahaman teknis yang kuat dan dukungan manajemen proyek dari LCC, LOTTE Chemical Titan Holding Berhad percaya diri dapat menjalankan implementasi LINE Project.

Pengerjaan LINE Project diharapkan dapat selesai pada tahun 2023, dan hal ini akan membawa LOTTE Chemical Titan Holding Berhad sebagai Perusahaan Petrokimia Unggulan di Asia Tenggara. LINE Project akan mengarah pada penciptaan lapangan pekerjaan dan secara nyata memperluas industri pabrikasi plastik di Indonesia, sehingga mempercepat perkemangan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

LOTTE Group dan LOTTE Chemical Titan Holding Berhad bangga dapat menjadi bagian dari Indonesia.

Pemerintah Indonesia terbuka terhadap investor serta menyediakan infrastruktur yang sangat baik dan menudukung LOTTE Group dan LOTTE Chemical Titan Holding Berhad untuk mengembangkan bisnis petrokimianya di negeri ini.

Indonesia terkenal dengan sumber daya yang luar biasa, jangkauan geografis ke pasar-pasar besar dunia, infrastruktur yang sangat baik dan dukungan pemerintah yang kuat bagi investasi asing. Indonesia, dengan populasi mencapai hampir 300 juta dan menjadi yang terbesar dan tercepat dalam pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara, merupakan pasar yang penting bagi LOTTE Group dan LOTTE Chemical Titan Holding Berhad. LINE Project akan menjadikan kawasan Cilegon sebagai salah satu pusat petrokimia paling penting di Asia Tenggara.

Saat ini Indonesia melakukan impor lebih dari 50% produk-produk petrokimia dan dengan demikian penambahan produk domestik dari LINE akan meningkatkan neraca perdagangan Indonesia secara signifikan.

“Hari ini merupakan hari bersejarah bagi LOTTE Group dan LOTTE Chemical Titan Holding Berhad, dan kami benar-benar merasa terhormat, atas kehadiran Bapak Presiden Jokowi dalam seremoni peletakan batu pertama LINE Project. Kami ingin mengungkapkan apresiasi yang tulus kepada Bapak Presiden Jokowi dan masyarakat Indonesia atas dukungan mereka dalam mewujudkan LINE Project ini. Keberhasilan implementasi LINE Project akan menjadi terobosan penting bagi rencana LOTTE Group dan LOTTE Chemical Titan Holding Berhad, untuk menjadi Perusahaan Petrokimia Unggulan di Asia Tenggara. LINE Project akan mendorong peluang pekerjaan yang menjanjikan dan pertumbuhan bagi masyarakat Indonesia,” ungkap Mr. Shin Dong Bin selaku Chairman, LOTTE Group. (Rilis)