Diguyur Hujan Berhari-hari Kecamatan Banjarsari dan Cimarga Terendam Banjir

292

ee586af6-d334-413b-8304-ead675737a51_169

Ratusan rumah di dua kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten, terendam banjir. Hujan yang terjadi sejak Senin (24/12) membuat merendam rumah warga.

Dua kecamatan yang dilanda banjir yakni Kecamatan Banjarsari dan Cimarga. Di Banjarsari, ada 4 desa yang terdampak banjir. Desa paling parah adalah Desa Keusik.

“Ketinggiannya bervariasi (paling tinggi) 1 meter. Di Banjarsari, Desa Keusik 455 rumah, Desa Ciruji 20 rumah, Desa Umbul Jaya 33 rumah kemudian Desa Cidahu 67 rumah,” kata Kepala BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi saat dikonfirmasi, Rabu (26/12/2018).

 

Sedangkan di Cimarga, menurut laporan yang diterima BPBD ada satu desa yakni Inten Jaya yang terdampak banjir. 75 rumah terendam akibat hujan yang terus menerus.
“Kemudian di Desa Inten Jaya, Kecamatan Cimarga 72 rumah terendam,” ujarnya.

Warga yang terdampak banjir dilaporkan tak mengungsi, mereka mengungsi ke rumah-rumah tetangga ataupun saudaranya yang tidak terdampak banjir.

“Kalau bahasa mengungsi biasanya enggan mengungsi dan sebagai protap kita tetap menyiapkan hal-hal demikian sesuai dengan arahan Ibu Bupati kita laksanakan upaya-upaya penyelamatan secara maksimal,” katanya.

BPBD saat ini masih melakukan pendataan dan upaya penyelamatan manusia terlebih dahulu. Setelah itu, bantuan sandang dan pangan akan dikirim ke wilayah terdampak banjir.

“Yang kedua pemenuhan kebutuhan dasar. Jadi Manusianya dulu yang kita amankan, setelah aman baru kita melaksanakan memenuhi kebutuhan dasarnya,” tuturnya. (Agis)