Bupati Serang Minta Masyarakat Rayakan Tahun Baru dengan Zikir dan Doa

45

8d7141bc-26cd-4915-b629-c7633aab8e64

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta masyarakat untuk tidak merayakan malam pergantian tahun baru dengan pesta pora. Apalagi, saat ini masih dalam kondisi berduka atas bencana tsunami Selat Sunda.

Tatu meminta masyarakat untuk memiliki rasa empati terhadap korban bencana dan mengisi Tahun Baru dengan kegiatan positif.

“Pergantian tahun baru 2019 diisi kegiatan yang positif seperti beribadah, berdoa, dan berzikir, serta introspeksi diri,” ungkap Tatu dalam keterangan tertulis, Minggu (30/12/2018).

Bahkan untuk menegaskan imbauannya tersebut, Tatu mengedarkan surat kepada pimpinan lembaga pemerintah, para camat, kepala desa, kepala sekolah, serta ketua RW/RT di Kabupaten Serang.

Dalam surat edaran tersebut, ada lima poin yang Tatu amanatkan, yakni pertama sebagai bentuk empati terhadap korban bencana tsunami Selat Sunda agar tidak melakukan kegiatan berlebihan (hura-hura), tidak bermanfaat serta perbuatan yang melanggar norma hukum dan agama.
Kedua, ia mengimbau agar masyarakat mengisi malam pergantian tahun baru dengan kegiatan yang positif, meningkatkan ibadah dan rasa syukur, serta menjaga toleransi hidup beragama dan bermasyarakat.

Ketiga, menjadikan tahun baru 2019 sebagai momentum muhasabah (evaluasi diri) dalam upaya meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Keempat, agar para orang tua mengawasi dan mengarahkan putra-putrinya untuk tidak melakukan dan mengikuti kegiatan yang bersifat hura-hura pada malam pergantian tahun.

Kelima, berkenaan dengan cuaca yang tidak menentu, ia mengimbau agar masyarakat menghindari tempat-tempat yang rawan bencana alam, seperti gunung dan pantai.

Tatu juga meminta para camat untuk mengajak masyarakatnya agar memenuhi masjid untuk melakukan ibadah bersama di malam tahun baru.

“Mengisi malam pergantian tahun dengan salat berjamaah, pengajian, berzikir, dan ibadah lainnya,” sambungnya.

Selain itu, sebagai bentuk empati dan ungkapan duka cita untuk para korban bencana di Selat Sunda, Tatu mengimbau masyarakat agar menyisihkan sebagian rezekinya untuk berderma atau bersedekah.
(mul/ega)