Akibat Longsor Jalan Pelabuhan Ratu – Jampangkulon Sukabumi Terputus

399

   
Jalan provinsi di Simpenan terputus akibat tertimbun longsor.(ist)Jalan provinsi di Simpenan terputus akibat tertimbun longsor.(ist)

SUKABUMI – Ruas Jalan Pelabuhan Ratu menuju Jampangkulon, tepatnya di Kampung Cimapah RT 03/09, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi terputus setelah tertimbun material longsor.

Bencana itu terjadi Jumat (28/12/2018) sekira pukul 23.00 WIB. Hingga Sabtu (29/12/2018) jalan milik Pemprov Jabar itu masih terputus dan tengah dilakukan evakuasi material longsor.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Eka Widiaman menuturkan ketebalan material longsor setinggi dua meter. Material longsoran menutup sepanjang 10 meter. Jalan provinsi sendiri selebar sekitar 8 meter.

longsor

“Saat ini tengah dilakukan penanganan oleh tim gabungan dan warga sekitar serta unsur lainnya masih menggunakan alat seadanya atau secara manual. Dua alat berat dalam perjalanan ke lokasi,” terang Eka.

Pengamatan di lokasi, sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi jalan tersebut tak bisa dilewati kendaraan roda dua dan empat. Namun Sabtu siang, akses roda dua sudah terbuka meskipun terlihat darurat.

Dugaan sementara, tebing setinggi lebih dari 20 meter itu longsor karena tak kuat menahan volume air hujan yang mengguyur sejak Jumat pagi hingga malam. (sule/tri)