Hadapi Bencana Industri Di Kota Cilegon, BNPB Gelar TTX

IMG20181003094221
Kesiapsiagaan Bencana Industri di Kota Cilegon Bertempat di Hotel Horison Forbis, Serang Dok/Bidikbanten.com

Bidikbanten.com – Penyelenggaraan Tabletop Exercise (TTX) Nasional dalam menghadapi ancaman bencana gempa bumi dan tsunami yang mengakibatkan bencana industri di kota cilegon, Oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pada 2-4 Oktober 2018. TTX Tidak hanya melibatkan pelaku penanggulangan bencana di tingkat Nasional tetapi juga di daerah Khususnya Kota Cilegon.

Plh Direktur kesiapsiagaan BNPB Lilik Kurniawan, dalam pembukaan TTX menyampaikan bahwa ini Bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan berbagai pihak ancaman bencana di kawasan kota cilegon dan sekitarnya, khususnya terkait dengan ancaman gempa bumi dan tsunami tang mengakibatkan bencana industri. di samping itu Lilik menambahkan bahwa TTX juga memperkuat mekanisme operasional yang terencana dan terkoordinasi untuk memastikan tanggap darurat yang efektip.

” Penyelenggarakan TTX ini mempromosikan prosedur untuk mempasilitasi berbagai informasi dan kapasitas tanggap darurat yang cepat untuk ketangguhan di tingkat kota dan provinsi. Kali ini TTX mengangkat skenario kejadian yang sangat spesifik terkait bencana industri. Kita mengetahui kota cilegon memiliki kawasan industri terkait dengan bahan kimia berbahaya, sedangkan kawasan ini juga memiliki potensi terdampak bencana, ” tambah Lilik saat pembukaan berlangsung di Hotel Horbison Forbis, Serang Provinsi Banten, Rabu (3/10).

Sementara itu Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Wisnu Widjaja telah memberikan arahan bahwa dalam penanganan darurat terkait dengan bencana industri membutuhkan penanggung jawab yang jelas terkait bencana hazardous material.

TTX Nasional kali ini bertema ” Penguatan kapasitas dan Sinergitas multipihak dalam penanganan Bencana gempa Bumi, tsunami yang mengakibatkan bencana industri di kota cilegon. Menghadirkan peserta dari BNPB, Kementrian kehutanan dan Lingkungan hidup, Kementrian Kesehatan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, TNI, Unsur daerah terkait Provinsi dan Kota serta dunia yang berada di Kawasan Industri Cilegon.(Wan)