Yayasan Daarul Qur’an As-Sakinah Kampar Wisuda Cikal Generasi Qurani

WhatsApp Image 2018-05-11 at 15.20.33

Para santri Yayasan Daarul Qur’an As-Sakinah yang wisuda dan khatam pada acara ini. (Dok. As-Sakinah)

BIDIKBANTEN.COM, PADANG – Suasana kemeriahan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Kabupaten Kampar ke-49 yang baru saja ditutup, berlanjut dengan kemeriahan acara wisuda dan khatam Quran para santri binaan Yayasan Daarul Qur’an As-Sakinah yang digelar pada hari Kamis 10/5/2018 dari pukul 09.00 – 17.00 WIB di halaman gedung TK Alam Panjang As-Sakinah, Desa Alam Panjang, Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau Acara yang berlangsung lancar dan sukses ini diwarnai tangis haru.

“Meskipun berat untuk berpisah dengan 35 orang santri TK yang kami wisuda hari ini, kami mendoakan semoga saja bekal ilmu agama yang sejak dini kita tanamkan pada mereka kelak dapat menumbuhkan generasi Qurani di tengah masyarakat,” kata Nurhabibi Mas’ari, Ketua Penyelenggara acara, pada kata sambutannya.

WhatsApp Image 2018-05-11 at 15.20.34

Hj. Siti Aisyah, Ketua Yayasan Daarul Qur’an As-Sakinah saat memberi kata Sambutan. (Dok. As-Sakinah)

Acara yang dibuka oleh Umi Nurbaini, Guru TK Alam Panjang As-Sakinah, diiringi dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Aiman Rizkullah dan saritilawah oleh Nadia Salsabila, para santri berprestasi TK Alam Panjang As-Sakinah, dan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dituntun oleh Ustadz Hasbullah, Lc, MA, pakar ekonomi syariah.

Kemeriahan acara makin tercipta dengan penampilan tari dari para santri yang membawakan Tari Pasambahan, Tari Indang, dan tarian lainnya. Para santri yang wisuda dilantik oleh Siti Aisyah, Ketua Yayasan Daarul Qur’an As-Sakinah, yang juga dihadiri oleh Agus Salim, Pengawas TK di Dinas Pendidikan Kabupaten Kampar.

WhatsApp Image 2018-05-11 at 15.20.38(1) WhatsApp Image 2018-05-11 at 15.20.37

Saat para santri tampil membawakan Tari Pasambahan dan Grup Drumband Man Alam Panjang mengiringi acara pawai (Dok. As-Sakinah)

Para santri yang wisuda dan khatam Alquran ini diarak dalam acara pawai, diiringi dengan permainan musik grup drumband MAN Alam Panjang, dari halaman gedung sekolah TK Alam Panjang As-Sakinah hingga Kantor Kepala Desa Alam Panjang. Kegiatan ini juga merupakan puncak perayaan khatam Alquran 25 orang santri, yangmana sebelumnya mereka telah tampil pada acara yang diselenggarakan pada hari Selasa 8/5/2018 di Yayasan Daarul Qur’an As-Sakinah cabang Pekanbaru. Acara yang digelar dari pukul 19.30 – 22.00 WIB dibuka oleh Nursyamsi Mas’ari sebagai Koordinator Penyelenggara Acara, yang juga merupakan guru TPQ di sekolah itu.

 

 

WhatsApp Image 2018-05-11 at 15.20.36 WhatsApp Image 2018-05-11 at 15.20.34(1)

Suasana wisuda dan khatam para santri Yayasan Daarul Qur’an As-Sakinah saat pawai. (Dok. As-Sakinah)

“Saya jadi semangat untuk meningkatkan kualitas TK-TK yang ada di Alam Panjang ini, melihat ramai dan semaraknya acara wisuda dan khatam TK Alam Panjang As-Sakinah ini. Insya Allah, kami akan lebih memberi perhatian pada guru-guru dan juga memberi bantuan fasilitas pada TK-TK yang ada di Alam Panjang ini,” kata Khairullah, Kepala Desa Alam Panjang.

 

WhatsApp Image 2018-05-11 at 15.20.35

Para santri Yayasan Daarul Qur’an As-Sakinah bersama guru dan para santri berprestasi. (Dok. As-Sakinah)

Acara wisuda dan khatam ini dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada para santri berprestasi di sekolah ini, untuk tingkat Taman Pendidikan Quran (TPQ) diraih oleh Alya Syifa (santri berprestasi tahfidz Alquran), Ridho Almayudi (santri berprestasi 1 TPQ), Anugerah Tama Silalahi (santri berprestasi 2 TPQ).

Sedangkan untuk tingkat Taman Kanak-Kanak Quran (TKQ) diraih oleh M. Bagas Alifqi (santri berprestasi 1 TKQ), Muhammad Fadhli (santri berprestasi 2 TKQ). Dan untuk tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) Aiman Rizkullah (santri berprestasi TK Putra), dan Nadia Salsabila (santri berprestasi TK Putri). Sebagian piala yang diserahkan ini merupakan piala yang disumbangkan oleh Nursyamsi Mas’ari, dari piala yang pernah diraihnya saat menjuarai MTQ dan LPQ. Umi Fitria Mayang Sari bahagia karena santri binaannya di TKQ As-Sakinah Pekanbaru ikut berhasil meraih santri berprestasi.

Yayasan Daarul Qur’an As-Sakinah ini didirikan oleh H. Mas’ari pada tahun 1991, berkantor pusat di Desa Alam Panjang, Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Dan cabangnya ada di Jalan Pemuda gang Sekolah, Kelurahan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru. Untuk di Kampar para santri dibina oleh 7 orang guru dan di Pekanbaru oleh 4 orang guru. Sekolah ini mengajarkan Murottal Quran, Seni Baca Alquran, dan Tahfidzul Quran,

“Adapun program yayasan ini adalah ‘Menjadikan Santri yang Qurani, berakhlak mulia, serta hafal Alquran’. Sejauh ini pemerintah sangat mendukung program-program kami, seperti akreditasi yang telah diperoleh sekolah kami pada beberapa bulan yang lalu, dengan ini semoga bisa jadi jalan bagi guru-guru kami untuk memperoleh tunjangan dari Pemerintah,” kata Nurhabibi Mas’ari, yang juga Kepala Sekolah di TK As-Sakinah Alam Panjang.