Melihat Dari Dekat Masjid Kebanggaan Warga Cilegon

(Bagian 1)

IMG_20180310_180112

Bagi warga Cilegon pastinya sudah mengetahui Masjid megah yang berdiri tepat di sisi jalan protokol kota  yang berhadapan dengan rumah dinas Walikota Cilegon.

Ya, itulah Masjid Agung Nurul Ikhlas yang mempunyai peran penting dalam memberikan keamanan, kedamaian, dan ketentraman lahir dan batin bagi umat islam.
Sebagaimana layaknya, Masjid Agung Nurul Ikhlas pun sebagai  bagian dari Masjid yang ada di indonesia yang dalam perkembangannya tidak dapat dipisahkan dari sejarah umat Islam di Indonesia khususnya kota Cilegon Banten.

Masjid Agung Cilegon sebenarnya sudah berdiri sejak lama bahkan menurut beberapa informasi, masjid ini telah ada sejak jaman penjajahan. Dahulu kala bentuk masjid ini sangatlah jauh dari bentuk sekarang. Awalnya menara masjid ini hanya pendek saja. Kemudian setelah melalui perombakan pertama dan kedua, masjid ini memiliki sebuah menara yang cukup tinggi.

Setidaknya tiga kali masjid ini telah mengalami renovasi. Dan yang terbesar lebih tepatnya disebut perombakan total, karena bentuk bangunan masjidnya jauh berbeda dengan yang dahulu.
pada tanggal 02 Februari 2006 M /12 Muharram 1427 H hari pertama dimulainya / dilaksanakan pembangunan secara total dengan diawali penetapan arah kiblat dengan nomor keputusan : 044/Pan.Pemb. Nurul Ikhlas/II/2006, kurun waktu tiga tahun tepatnya pada pada tanggal 27 Maret 2009 M / 27 Raobiul Akhir 1430 Hijriyah.

Masjid Agung Nurul Ikhlas Kota Cilegon diresmikan penggunaannya oleh Menteri Agama RI waktu itu H. Maftuh Basuni dan eks Walikota Cilegon H. Tb. Aat Syafa’at.