Warga Rawa Arum Dukung Pembangunan PT Lotte Chemical

82

IMG-20180217-WA0001

PT Lotte Chemical Titan (LCTN) Tbk adalah sebuah perusahaan manufaktur yang beroperasi di Wilayah Grogol Merak kota Cilegon, baru-baru ini perusahaan konglomerasi Korea – Malaysia ini berencana memperluas wilayah inventasinya yang bernilai Triliunan rupiah.

Belakangan muncul sejumlah pro dan kontra terkait rencana pembangunan perusahaan tersebut, aksi pro kontra tersebut lantaran belum adanya komitmen sosial tentang pelibatan tenaga kerja lokal dan keterlibatan para pengusaha lokal.

Warga yang tergabung dalam masyarakat Rawa Arum (Ragem Bersatu) Menyatakan dukungannya terhadap pembangunan PT Lotte dengan syarat pihak perusahaan mau membangun komitmen dengan masyarakat kota Cilegon.

Adapun syarat yang diajukan oleh mayarakat tersebut adalah meminta pihak Lotte agar memberikan kuota tenaga kerja kepada masyarakat kota Cilegon dan melibatkan para pengusaha lokal dalam hal pembangunan perusahaan.

IMG-20180217-WA0003

“Kami masyarakat Ragem Bersatu menyatakan dukungan kami terhadap pembangunan PT Lotte dengan syarat pihak perusahaan mau berkomitmen bersama masyarakat . Adapun syarat yang kami ajukan ada dua, yakni, tentang penyerapan tenaga kerja lokal dan pelibatan secara aktif para pengusaha lokal yang ada di kota Cilegon terhadap pembangunan PT Lotte. Dan jika PT Lotte mau melakukan komitmen itu kami siap mengawal pembangunan tersebut, kalau diperlukan kami akan ke istana menemui Presoden RI Bapak Jokowi untuk menyatakan dukungan itu. Dan saya berharap adanya MoU kemitraan antara PT Lotte dan Masyarakat pengusaha lokal sekitar wayah industri yang akan dibangun dengan diketahui oleh pemerintah Kota Cilegon, dalam MoU juga diharapkan bukan hanya kerja sama pembangunan pabriknya saja tapi untuk jangka panjangnya selagi perusahaan tersebut masih beraktifitas melakukan kegiatan secara tenaga kerjanya maupun limbahnya yang menguntungkan masyarakat kota Cilegon termasuk pengelolaan CCSR nya harus diberikan kepada masyarakat industri. Menyinggung adanya informasi yang disampaikan oleh salah satu aktifis yang menyatakan bahwa pembangunan PT Lotte banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya itu salah besar karena kami justru merasakan nilai manfaat itu sangat besar yang saat ini berjalan PT Lotte Titan yang skalanya lebih kecil daripada yang akan dibangun dan kami berharap kepada semua pihak yang berencana menolak pembangunan PT Lotte Chemical indonesia untuk mengedepankan kepentingan masyarakat secara umum daripada kepentingan pribadi dan golongan, dan apabila dianggap ada yang kurang menurut pemikiran kawan-kawan yang menolak diharapkan ada jalan dialog dan bermusyawarah untuk mencapai tujuan kebersamaan agar Cilegon tetap terjaga dengan damai, aman, tertib dan terkendali”. Papar Husen Saidan selaku ketua Ragem Bersatu.

Hal senada disampaikan oleh Faturohmi selaku ketua RW lingkungan Kruwuk Keluraham Rawa Arum Kecamatan Grogol kota Cilegon. Menurutnya, pembangunan PT Lotte yang menelan investasi puluhan triliun tersebut adalah sebuah keharusan. Sebab, PT Lotte adalah sebuah perusahaan berskala internasional dan tidak mungkin mengabaikan kepentingan lokal berupa penyerapan tenaga kerja lokal dan pelibatan para pengusaha lokal.

“Saya kira tidak mungkin sekelas PT Lotte mengabaikan kepentingan masyarakat dan kearifan lokal. Mungkin mereka yang menolak pembangunan tersebut belum memahami saja”ujar Faturohmi yang juga ketua LSM Fakta. .

Diketahui, proyek pembangunan tersebut akan memakan waktu hingga 4-5 tahun dengan membuka lapangan pekerjaan sebanyak 9.000 orang dan akan menyerap tenaga kerja sekitar 6.000 orang dan ketika beroperasi butuh 3.000 orang dengan kapasitas Lotte Chemical tersebut dan ditambah dengan ekspansi dari PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, Indonesia mampu menghasilkan bahan baku kimia berbasis naphtha cracker sebanyak 3 juta ton per tahun sekaligus memposisikan sebagai produsen terbesar ke-4 di Asia Tenggara setelah Thailand, Singapura dan Malaysia. (KD)