IMG_20171221_000511

Bidik Banten – Wilayah Kecamatan Jombang dan Purwakarta termasuk ke dalam wilayah kota Cilegon yang merupakan wilayah yang tidak bersentuhan langsung dengan kawasan industri, untuk itu dibutuhkan wakil rakyat yang mampu menampung aspirasi dan memfasilitasi kepentingan warga yang masih belum memiliki pekerjaan lantaran di dua wilayah tersebut angka Pengangguran masih terbilang cukup tinggi.

Sanen Supriyadi, salah satu tokoh wilayah Jombang, kota Cilegon mengatakan bahwa wilayah Jombang dan Purwakarta adalah hunian padat, disekitaran wilayah tersebut masyarakat umumnya berprofesi sebagai pedagang, pekerja non formal dan buruh kasar lantaran diwilayahnya tidak ada perusahaan industri yang mampu menyerap tenaga kerja lokal.

“Wilayah jombang adalah hunian yang padat penduduk dan umumnya mereka bekerja sebagai wiraswasta atau pedagang, kalangan pekerja swasta masih sedikit dan sisanya hanya mengandalkan serabutan karena kami jauh dari wilayah industri tidak seperti di daerah Ciwandan dan Merak yang banyak industri padat modal agar supaya mampu menyerap tenaga kerja sekitar” terangnya kepada Bidik Banten (20/12/2017).

Ironisnya lagi, lanjut Sanen, bagi warga yang domisilinya jauh dari wilayah industri seringkali warganya kesulitan untuk dapat bekerja di perusahaan yang ada di kawasan industri lantaran berlaku hukum adat berupa pemilahan antara warga ring satu.

“Sehingga akhirnya bagi warga yang tidak berdekatan domisilinya dengan industri agak susah menembus lapangan pekerjaan disana, jadi persoalan kami ini semakin rumit. Untuk itulah kami sangat membutuhkan kehadiran wakil rakyat atau para anggota Dewan yang mampu menjembatani dan memfasilitasi kepentingan kami warga kelas dua dari wilayah industri yang ada di kota kami ini”imbuhnya. (Seno)