4 Daerah di Provinsi Banten Raih Penghargaan Sebagai Kota Peduli HAM

IMG_20171211_142827

Bidik Banten – Sejumlah kepala daerah di menerima penghargaan sebagai pembina Hak Asasi Manusia (HAM) terbaik dari Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Penyerahan penghargaan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Peringatan Hari Hak Asasi Manusia ke-69 Tahun 2017 di The Sunan Hotel Solo, Minggu (10/12/2017).

Empat kepala Daerah di Propinsi Banten mendapat penghargaan serupa yakni, kota Tangsel, kota Tangerang, Kota Serang dan kota Cilegon yang diterima langsung oleh para Walikotanya

Tim penilai melakukan penilaian yang berkaitan dengan beberapa hal, antara lain pemenuhan hal atas kesehatan warga, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

“Di samping kriteria tersebut, kriteria lain yang mempengaruhi penentuan, sebagai kabupaten peduli HAM adalah terpenuhinya kepatuhan pemerintah daerah untuk melahirkan peraturan daerah yang berperspektif HAM yaitu Perda yang menghormati nilai-nilai lokal yang masih hidup dan berkembang di tengah masyarakat,” ungkap bagian Humas Kemenkumham. .

Setelah penilaian, tim dari Kemenkumham menyatakan bahwa sejumlah wilayah memenuhi kriteria penilaian Kota peduli HAM, sebagaimana ditentukan dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM No 34/2016, tentang Kriteria Penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM. (KD)