Miris, Destinasi Situ Rawa Arum Tak Tergali Oleh Pemerintah

212

 

Pengelola Situ Rawa Arum
Pengelola Situ Rawa Arum, Husen Saidan Saat Menunjuk Area Lokasi Situ Rawa Arum

CILEGON, (BidikBanten) – Keberadaan salah satu destinasi wisata situ rawa arum yang berada di Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, kondisinya terbengkalai dan sangat memprihatinkan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kondisi situ rawa arum ini, selain tampak sepi dan tidak terurusnya keberadaan situ rawa arum, juga sarana bermain di kolam air seperti perahu bebek, saung tempat beristirahat juga tak terawat

Sepintas terlihat, keberadaan situ rawa arum yang tampak sejuk, indah dengan hamparan kolam air yang diselimuti area pegunungan dan pepohonan, keberadaan situ rawa arum ini juga dinilai dapat mendongkrak para wisatawan yang berkunjung.

Pengelola situ rawa arum, Husen Saidan yang ditemui di lokasi situ rawa arum, pada jumat (24-11-2017) mengatakan, keberadaan situ rawa arum sendiri sangat memiliki potensi dan dapat mendongkrak wisatawan yang cukup tinggi untuk dikunjungi masyakarat sekitar, namun keberadaan situ rawa arum tersebut kondisinya banyak dipenuhi rawa-rawa dan tumbuh-tumbuhan diatas lahan situ.

“sampai saat ini kondisinya masih terbengkalai, namun tidak seberapa bila dibandingkan pada bulan sebelumnya lebih parah kondisi airnya dipenuhi eceng gondok dan tumbuhan lainnya, namun telah kita bersihkan sebagian dengan dibantu oleh warga sekitar” katanya.

Lanjut Husen, destinasi situ rawa arum ini juga merupakan sebagai ikon tempat wisata di kota cilegon dan sangat berpotensi karena di kota cilegon tempat wisata belum ada dan keberadaannya juga sangat dekat dengan akses jalan raya menuju pelabuhan merak.

“kita lihat di daerah purwakarta objek wisata situ kolam air yang luasnya hanya delapan ratus meter, tapi pengunjungnya bisa mencapai tiga puluh lima ribu. Namun akan tetapi di situ rawa arum ini terdapat sekitar delapan hektar, tapi kenapa pemerintah tidak mau mengelolanya dan saya yakin apabila pemerintah punya konsep dan menggelontorkan dana puluhan miliar untuk membenahi situ rawa arum saya jamin dana tersebut akan kembali” ujarnya.

Sejumlah Warga
Sejumlah Warga Saat Melakukan Pengerjaan Semenisasi Di Area Situ Rawa Arum

Husen mengaku, sebagian area situ rawa arum saat ini perlahan-lahan mulai telah tertata dengan baik dengan dilakukannya semenisasi sebagai sarana untuk bermain anak-anak maupun warga sekitar yang berkunjung.

“kita lakukan penataan dengan semenisasi yang rencananya hampir keseluruhan lokasi situ rawa arum, sebagai tempat lahan parkir, lapangan bulu tangkis atau lapangan futsal bagi anak-anak yang hendak berolah raga di lokasi ini dan pengerjaan semenisasi ini terus dikerjakan mulai pagi hingga malam hari agar cepat selesai penataannya” tutup husen yang juga ketua LSM Gapura Banten. (Red/BBC).