Ribuan Warga Palas Rayakan Pergantian Tahun Baru Islam Dengan Pawai Obor

384

IMG-20170921-WA0005_edit

Bidik Banten – Dalam rangka menyambut Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriyah, Warga Palas, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon mengadakan Pawai Obor pada Kamis Malam (21/9/2017).

Meskipun dibeberapa Kampung di Cilegon sudah ada yang merayakannya kemarin malam, namun kesemarakan perayaan Tahun Baru Islam 1439 H di Kampung-kampung pada malam Jum’at ini juga tak kalah meriah.

Pantauan langsung Bidikbanten malam ini, di Link Palas. empat warga dari 4 RT di Kampung Palas tampak begitu antusias dan gembira dalam mengikuti kegiatan Pawai Obor tersebut.

IMG-20170921-WA0006_edit

Empat alat musik seperti Drumband MTs Palas, Kendang, Kosidah dan Marawis juga tampak mengiringi arak-arakan pawai obor ini.
Warga Cidunak dan grup Dzikir serta peguron silat juga tampak turut andil dalam arak-arakan yang panjangnya mencapai sekitar 500 Meter tersebut.

Dengan diprakarsai oleh DKM Jami’ Al- Furqon, empat warga dari empat RT di Link Palas tampak begitu kompak berpartisipasi diacara tersebut. Dan hampir dipastikan semua warga Palas turut berpartisipasi diacara pawai obor ini.

“Kita ingin mengenalkan kepada generasi muda Palas tentang kalender Islam, karena selama ini lebih banyak yang hapal kalender Masehi daripada Hijriyah kalendernya Umat Islam.
Dengan kegiatan ini diharapkan bisa mempererat persatuan dan kekompakan antar warga Palas.” Ujar Ustadz Rosihin, Ketua DKM Jami’ Al -Furqon Palas.

Sementara Mulyani, Ketua RT 02 mengatakan bahwa warganya sangat antusias mengikuti acara ini,

“Di Palas, perayaan Tahun Baru Hijriyah lebih meriah dari perayaan Tahun Baru Masehi, warga sangat antusias gotong royong dan swadaya membeli minyak untuk obor. Lihat saja malam ini pawai obor hampir semua warga 02 mengikuti pawai ini.” Tandasnya.

Pawai obor ini berkeliling menuju jalan Di. Pandjaitan terus belok ke Jalan Kepodang dan menuju jalan Tb Ismail, Kejari lalu kembali lagi ke Palas. Namun tidak ada kemacetan berarti akibat acara tersebut, karena Korlap dengan dibantu Babinsa Kelurahan Bendungan tampak begitu sigap mengatur lalu lintas.

Dalam acara perayaan Tahun Baru Islam yang meriah di Palas tersebut juga turut dihadiri oleh beberapa pejabat seperti RT 01,02,16,17, Lurah Bendungan dan Kabid Perundang-undangan Satpol PP Cilegon. (Asa)