Badar Jalali Himbau Para Orang Tua Awasi Pergaulan Remaja

170

FB_IMG_15037905038952013_edit_edit

Bidik Banten – kenakalan remaja merupakan gejala Patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka para remaja tersebut cenderung mengembangkan bentuk prilaku yang menyimpang, sehingga tak heran jika kenakalan remaja dalam bentuk penyalahgunaan Narkoba, prilaku seks bebas dan tawuran antar remaja semakin sering terjadi.

Hal tersebut menurut Nur Bagus Jaya selaku pembina Majelis Badar Jalali terjadi akibat dari adanya krisis identitas dan control diri yang lemah sehingga remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan menyeret kepada prilaku nakal.

“Apa lagi di kota Cilegon ini, tempat hiburan malam semakin menjamur sehingga tidak ada filter. Ditambah faktor lain seperti Perceraian orang tua, teman sebaya yang kurang baik dan lingkungan tempat tinggal yang kurang baik dapat memicu penyebab terjadinya kenakalan remaja”Ujarnya disela-sela acara penutupan HUT RI ke 72 di Lingkungan Ramanuju Baru RT 04/09 Citangkil, kota Cilegon. Sabtu (26/8/2017) malam.

FB_IMG_15037913225656037_edit_edit_edit

Kendati demikian, lanjutnya, ada beberapa langkah pencegahan agar dapat mengatasi kenakalan remaja yakni, dengan prinsip keteladanan para orang tua, adanya motivasi yang baik dari keluarga, kemauan para orang tua dalam membenahi kondisi keluarga sehingga dapat tercipta suasana keluarga yang harmonis.

“Dan yang tak kalah pentingnya adalah remaja harus pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orang tua juga harus memberi arahan yang baik pula agar sejalan dan sesuai harapan”ulasnya. (Dik)