15.000 Pramuka Seluruh Indonesia Siap Padati Cibubur

209

 Prmuka

Sebanyak 15.000 Pramuka Penegak dan Pandega dari 514 kabupaten/kota serta perwakilan peserta dari luar negeri dipastikan akan memadati Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. Mereka akan mengikuti Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka. Kegiatan yang mengangkat tema “Pramuka untuk Masa Depan Indonesia: Kreatif, Inovatif dan Berkarakter” dilaksanakan tanggal 13-21 Agustus 2017.

“15.000 Pramuka dari seluruh Indonesia dan perwakilan luar negeri sudah menyatakan kesediannya berangkat ke Cibubur,” ujar Presiden Raimuna Nasional 2017, Robby Zulfandi di Jakarta, Kamis (27/7).

 Robby menambahkan, para peserta akan membawa baju daerahnya masing-masing untuk ditampilkan pada tanggal 17 Agustus 2017 mendatang. Mereka, jelas dia, juga akan memasak makanan khas daerahnya.

“Jadi, di Cibubur nanti sama dengan Indonesia mini. Kalau ingin mencari orang dari daerah mana, semuanya ada di sini,” kata pria kelahiran Medan, Sumatera Utara.

Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault menjelaskan, jika Gerakan Pramuka mengadakan kegiatan tingkat nasional maka semua daerah di Indonesia pasti hadir. Perwakilan dari 514 kabupaten/ kota di seluruh Indonesia ada.

“Kegiatan lapangan seperti Raimuna Nasional secara langsung mengajarkan kepada peserta tentang kebhinnekaan dan pentingnya persatuan. Semua peserta akan pulang membawa daftar nama teman-temannya dari berbagai daerah,” ungkapnya.

“Semua alumni Raimuna Nasional kita harapkan jadi generasi muda yang punya tekad kuat, siap mengharumkan dan membela NKRI, mempertahankan Pancasila, dan terlibat dalam perdamaian dunia sepanjang hidupnya, sebagaimana diamanatkan UUD 1945,” pungkas Adhyaksa.

Raimuna Nasional 2017 akan dibuka Presiden Joko Widodo dan dihadiri para menteri di Kabinet Kerja. Di antaranya, Menko PMK Puan Maharani, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menkominfo Rudiantara, Menpora Imam Nahrawi, dan lain-lain.