Warga Pabean Desak Pemkot Cilegon Jalan Lingkar Utara Lalui Wilayahnya

375

IMG-20170501-WA0000

Cilegon, (Bidik Banten) – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon akan mulai membangun Jalan Lingkar Utara (JLU) pada tahun tahun ini, saat ini pemkot tengah melakukan berbagai tahapan, salah satunya adalah pembebasan lahan.
Pembangunan JLU sepanjang 12 kilometer tersebut bertujuan untuk meminimalisir angka kemacetan kendaraan di Kota Cilegon, selain itu Pemkot Cilegon mengklaim jika pembangunan JLU berhasil, maka perekonomian masyarakat bakal meningkat.

Pemkot menilai, dalam proses pembangunan JLU, pemkot tidak hanya memfokuskan pembangunan dalam bidang fisik, namun membuat suatu kawasan baru yang difokuskan sebagai kawasan industri padat karya.

Namun dalam perjalanannya, banyak warga yang mempertanyakan kebijakan Pemkot Cilegon dalam menentukan wilayah jalur yang di lintasi.

Pasalnya, di kecamatan Purwakarta terdapat sebuah kelurahan yang wilayahnya kurang potensial yakni Kelurahan Pabean, diwilayah tersebut tingkat perekonomian warga dapat meningkat jika wilayah Pabean dilintasi Jalur Lingkar Utara.

Sejumlah warga Pabean pun mempertanyakan kebijakan Pemkot Cilegon yang tidak memasukkan wilayahnya kedalam lintasan JLU.

“Kita mau jalur JLU harus lewat Pabean agar masyarakat Pabean perekonomiannya meningkat karena wilayah kita udah tidak layak lagi untuk pertanian karena tanahnya tandus,berbatu juga ga ada irigasi kalau musim kemarau kita harus turun dari bukit untuk beli air sedih sekali, kita minta Pemkot Cilegon memperhatikan masyarakat pabean, kalau nanti industri padat karya di bangun di daerah kami sudah pasti masyarakat pabean akan merasakan dampak positif yaitu masyarakat bisa di pekerjakan di industri padat karya dan pengangguran juga terkikis, kita ini kekurangan akses jalan seperti batu Lawang dan daerah kedurung itu bagus kalau di buat akses jalan,pembangunannya untuk industri padat karya juga akan maksimal karena itu lahan kosong jadi tidak mengganggu masyarakat sekitar”terang Hasani, warga sekitar.

Hal senada dikatakan Saiful, warga Kedurung yang mempertanyakan wilayah yang tidak dimasukkan ke jalur lintasan JLU, menurutnya jika Pemerintah betul-betul memperhatikan kesejahteraan masyarakat seharusnya wilayah Kelurahan pabean dimasukkan kedalam jalur JLU, sebab dengan begitu perekonomian warga dapat meningkat.

“Seharusnya Pemkot Cilegon lebih memperhatikan wilayah yang betul-betul sangat membutuhkan bantuan dan kebijakan Pemkot Cilegon, nah dalam program pengembangan JLU ini bisa dijadikan kesempatan baik agar dapat meningkatkan perekonomian warga dengan cara menjadikan wilayah Pabean sebagai wilayah yang dilewati jalan Lingkar Utara” katanya mau pemerataan ekonomi ungkapnya. (KD)