KPU Kota Cilegon Berikan Pemahanan Pilgub Banten Kepada Pengamen Jalanan

373
Puluhan Pengamen Jalanan Saat Mengikuti Sosialisasi Pilgub Banten Yang Digelar KPU Kota Cilegon Di Aula Kecamatan Jombang. (Foto, BidikBanten)
Puluhan Pengamen Jalanan Saat Mengikuti Sosialisasi Pilgub Banten Yang Digelar KPU Kota Cilegon Di Aula Kecamatan Jombang. (Foto, BidikBanten)

CILEGON, (BidikBanten) – Komisi Pemilihan Umum Kota Cilegon kembali melalakukan sosialisasi tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017. Kali ini sasaran peserta sosialisasi dilakukan kepada Kelompok Pengamen Jalanan (KPJ) Cilegon yang digelar di Aula Kecamatan Jombang, Kota Cilegon. Kamis (26/01/2017).

Ketua KPU Cilegon, Fatullah Hasyim mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari tahapan sosialisasi KPU Cilegon, segmentasi kepada Kelompok Pengamen Jalanan ini juga sebagian besar masyarakat Kota Cilegon dan memiliki KTP Elektronik yang harus diberi sosialisasi dan pemahaman tentang Pilgub Banten 2017. “Makanya kita beri pemahaman agar mereka juga ikut berpartisipasi dan memilih dalam pemilihan nanti karena jumlahnya yang sangat signifikan jadi bisa mempengaruhi pemilihan nanti,” katanya.

Fatullah menambahkan, KPJ dinilai sangat berpengaruh untuk turut mensukseskan Pilgub Banten, karena semua kalangan juga perlu mendapatkan sosialisasi tentang tahapan Pilgub. “Karena ini bagian dari komunitas masyarakat yang harus dijangkau dan mereka juga mempunyai hak politik memilih yang sama di Pilgub Banten nanti karena jumlah mereka sangat mempengaruhi jika mereka memilih di TPS mereka masing-masing,” tambahnya.

Fatullah mengaku, pihaknya tidak hanya sekali memberikan sosialisasi kepada KPJ Cilegon, pada Pilkada lalu juga pihaknya melakukan sosialisasi kepada KPJ. “Sebetulnya bukan kali ini saja kita ajak KPJ namun Pilkada tahun lalu juga kita melibatkan KPJ, karena ini juga bisa mempengaruhi jumlah pemilih di Kota Cilegon,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPJ Kota Cilegon, Riki Zulkarnaen menyatakan, saat ini KPJ Cilegon berjumah 150 anggota dan sebagian besar anggotanya berasal dari Cilegon. “Kita memiliki 150 anggota, namun yang ikut kali ini ada sekitar 50 anggota, namun tentunya seluruh anggota kita mengajak untuk memberikan hak suaranya di pilgub nanti,” katanya.

Riki mengakui, anggotanya masih belum mengerti tahapan Pilgub, namun dirinya optimis, setelah mengikuti sosialisasi, anggotanya akan semangat untuk menyukseskan Pilgub Banten. “Tentunya mereka masih belum mengerti bagaimana tahapan Pilkada, tapi yang pasti kami berharap siapapun gubernurnya nanti mudah-mudahan bisa peduli dengan keberadaan KPJ,” tuturnya. (Red)