Festival Teater Pelajar Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

271
Suasana
Suasana Kegiatan Festival Teater Pelajar Komunitas Teater Wonk Kite Yang Digelar Di Gedung UPTD Sanggar Seni Kota Cilegon. (Foto, BidikBanten)

CILEGON, (BidikBanten) – Komunitas Teater Wonk Kite (KTWK) Cilegon menggelar kegiatan Festival Teater Pelajar Komunitas Teater Wonk Kite Tahun 2016 di Gedung Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Sanggar Seni Kota Cilegon. Sabtu (24/12/2016). Kegiatan yang hampir setiap tahun ini diselenggarakan, melibatkan sebanyak delapan peserta mulai dari SMP/MTs Sederajat hingga SMA/SMK Sederajat di Banten.

Presiden Komunitas Teater Wong Kite, Muhammad Yusuf mengatakan, secara khusus festival ini diselenggarakan bertujuan agar para pelajar bisa lebih berminat untuk mengenal, memahami dan menghargai seni teater.

“Dengan adanya perhatian dari pemerintah, para penggiat kesenian dan seluruh masyarakat kepada kesenian teater, diharapkan apresiasi seni teater baik di sekolah, sanggar-sanggar seni, maupun keluarga turut bergerak positif. Pendidikan seni, termasuk teater yang saat ini diikuti adalah salah satu instrumen penting dalam proses pembelajaran. Melalui kegiatan ini, para peserta yang ikut acara ini berkesempatan menumbuhkan rasa percaya diri, menumbuhkan kemampuan untuk menumbuhkan simpati, empati dan mengerti bagaimana memainkan peran yang bervariasi,” katanya.

Hal senada diungkapkan Pembina KTWK, Rizal Arif Baihaqi. Dirinya menghimbau kepada para guru untuk belajar teater dan diharapkan para guru bisa memanfaatkan keterampilan teater, pengetahuan teater untuk mendidik anak muridnya di Sekolah.

“Pernah saya dengar sebuah cerita tentang seorang guru di Bandung yang mengajar Biologi dengan memberikan sentuhan teater. Pembelajaran tentang proses fotosintesa dipadukan dengan seni teater dengan melibatkan anak-anak menjadi matahari, menjadi klorofil, menjadi air sehingga pembelajaran biologi menjadi menyenangkan dengan menggunakan metode teater. Begitupun hal ini (teater) bisa diterapkan dalam mata pelajaran lainnya. Hal ini tentu selaras dengan dunia pendidikan kita yang benar-benar menjadi dunia penumbuhan potensi yang ada didalam diri anak didik,” ungkapnya. (Red)