Irna Inginkan Pandeglang Punya Produk Unggulan

151
Bupati Pandeglang, Irna Narulita Saat Meninjau Olahan Berbahan Ikan
Bupati Pandeglang, Irna Narulita Saat Meninjau Olahan Berbahan Ikan. (Foto, BidikBanten)

PANDEGLANG, (BidikBanten) – Dari sekian banyak olahan produk makanan lokal di pandeglang, sampai saat ini belum ada yang menjadi produk unggulan. Untuk itu Bupati Pandeglang Irna Narulita, mengintruksikan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan, agar melakukan pembinaan berkelanjutan kepada pengolah makanan yang berbahan baku ikan sehingga menjadi produk unggulan.

“Kelompok pengolah makanan lokal harusnya terus dibina oleh DKP secara berkelanjutan. Nanti dapat bekerjasama juga dengan pihak Dinas Koperasi terkait bantuan permodalan, agar hasil dari olahan makanan tersebut menjadi produk unggulan pandeglang yang siap untuk dipasarkan,” kata Bupati Pandeglang Irna Narulita, saat meninjau olahan makanan Abon Ikan, Bandeng Presto, dan Bakso Ikan di Kampung Sampore, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karang Tanjung, Rabu (30/11/2016).

Bupati juga berharap, Abon Ikan dan Bakso Ikan ini dapat dikembangkan lebih lanjut, sehingga bisa menjadi salah satu produk unggulan yang ada di Pandeglang, sehingga dapat meningkatkan derajat ekonomi masyarakat. “Saya ingin 2017 atau 2018 dua olahan makanan tersebut jadi produk unggulan dan bisa dipasarkan, apalagi kalau ada event pemerintah, bisa ditampilkan juga, karena bahan bakunya mudah,” harapnya.

Seorang Pengusaha Abon dari Jawa Timur, Robiah sekaligus narasumber dan juga Instruktur yang ditunjuk oleh Kementrian Desa (Kemendes) untuk melakukan pembinaan di Kampung tersebut menuturkan, pihaknya sengaja memilih untuk mengolah Abon Ikan karena daya tahan makanan tersebut tahan hingga satu tahun tanpa menggunakan bahan pengawet. “Produk ini sudah kami coba di sana, bahkan pemasarannya hingga ke super market. Dan tahan lamanya bukan karena pengawet melainkan dengan rempah-rempah yang kita pergunakan,” tuturnya. (Mg03)