logo-btnPEPARNAS XV 2016, DISPORA TURUNKAN 47 ATLET UNTUK HARUMKAN PROVINSI BANTEN

594

SERANG, (BidikBanten) – Disabilitas ternyata tidak menjadi penghalang dalam meraih prestasi, terbukti sebanyak 47 atlet disabilitas akan dilepas Gubernur Banten, Rano Karno untuk bertanding dalam ajang Pekan Paralympic Nasional (PEPARNAS) ke-XV, 15-24 Oktober mendatang, yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. 47 atlet yang akan bertanding dalam tujuh cabang olah raga (cabor) tersebut, Atletik sebelas orang, Judo tiga orang, Bulutangkis enam orang, Renang empat orang, Tenis Meja sembilan orang, Panahan empat orang, dan Catur sebanyak sepuluh orang,  sudah melakukan tahap pelatihan dan seleksi sejak Juli lalu, dan siap membanggakan Provinsi Banten.

Ketua Nasional Paralympic Commitee (NPC) Provinsi Banten, Yoyoh mengatakan, atlet binaan Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Provinsi Banten tersebut, mengalami peningkatan, dimana PEPARNAS ke-XIV tahun 2012 lalu, Banten hanya diwakilkan oleh 19 atlet saja.

“Di ajang PEPARNAS ke-XV ini, atlet yang akan berangkat sebanyak 47 atlet, untuk berlaga di tujuh cabor, yakni cabor Atletik, Judo, Bulutangkis, Renang, Tenis Meja, Panahan, dan Catur. Melalui tahap pelatihan dan seleksi, jumlah atlet di PEPARNAS ke-XV kali ini jauh lebih banyak dibanding ajang sebelumnya pada tahun 2012 lalu, yang hanya diwakili oleh 19 atlet saja” kata Yoyoh saat ditemui di Pendopo Gubernur KP3B, Curug, Serang, Kamis (13/10/2016).

Yoyoh menyatakan, di PEPARNAS ke-XIV 2012 lalu, para atlet paralimpik tersebut berhasil membawa dua medali emas, dua perak dan sembilan perunggu untuk Banten, dirinya tetap berharap, di ajang kali ini, para atlet dapat menambah pundi-pundi medali untuk mengharumkan nama Provinsi Banten di ajang olah raga Nasional.

“Di ajang sebelumnya, atlet binaan kami membawa pulang dua emas, dua perak dan sembilan perunggu, untuk Banten. Semoga di PEPARNAS ke-XV ini, atlet kami dapat meningkatkan prestasi mereka, guna mengharumkan nama Provinsi Banten” tuturnya.

gubernur rano
Gubernur Banten, Rano Karno Saat Mengenakan Jaket Ke Salah Satu Atlet Peserta Pekan Paralympic Nasional (PEPARNAS) Ke XV

Sementara itu, Kepala Dispora Provinsi Banten, Ali Fadillah menyatakan, para atlet yang akan berlaga kali ini, sudah melalui pelatihan secara serius guna memantapkan peraihan medali di PEPARNAS ke-XV. Pelatihan kepada para atlet paralympic tersebut, merupakan salah satu tanggung jawab pemerintah Provinsi Banten dalam bidang olah raga paralympic.

“Untuk PEPARNAS ke-XV kali ini, Pemerintah Provinsi Banten memberangkatkan 91 orang, yang terdiri dari 47 atlet, tujuh orang pelatih, 12 asisten pelatih, official sembilan orang, dan pendamping 16 orang. Untuk para atlet, sudah kami berikan pelatihan secara rutin, beberapa waktu lalu, pelatihan yang diberikan dimaksudkan untuk peraihan prestasi yang maksimal” kata Ali saat memberikan sambutan pada Acara Pelepasan Kontingen PEPARNAS ke-XV Banten.

Atlet Banten
Para Atlet Banten Yang Akan Mengikuti  Pekan Paralympic Nasional (PEPANAS) Ke XV Mengepalkan Tangan Keatas

Hal senada diungkapkan Gubernur Banten, Rano Karno, pihaknya sangat mengapresiasi kegigihan para atlet. Pemerintah Provinsi Banten pun, mengapresiasi semua prestasi yang sudah diraih oleh para atlet, di laga-laga sebelumnya, dan prestasi tersebut diyakini tidak didapat secara instan, dan memperlukan pelatihan secara berkal. Secara pribadi, Rano berharap para atlet yang akan berlaga nanti, dapat memberikan prestasi terbaik untuk Provinsi Banten.

“Saya mengapresiasi kegigihan para atlet yang akan berlaga nanti, karena untuk meraih sebuah prestasi, perlu latihan keras dan secara berkala, terlebih lagi, untuk prestasi-prestasi yang sudah diraih dalam ajang sebelumnya, itu (prestasi atlet paralympic, red) sangat membanggakan Provinsi Banten. Semoga, ajang kali ini, para atlet dapat meraih medali lebih banyak dibandingkan ajang sebelumnya” tukas Rano. (Adv)