Polda Metro Pantau Medsos 24 Jam Penuh Jelang Pilgub DKI Jakarta

289

kursi-dki-1Menjelang Pilgub DKI Jakarta, Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya melakukan patroli siber (cyber patrol) untuk mengawasi perkembangan di media sosial. Sebab media sosial dinilai menjadi salah satu alat untuk menebarkan hasutan yang dapat menjatuhkan calon dari pesaing-pesaingnya.

“Terkait itu kami lakukan pengawasan, sudah ada tim medsos dan cyber crime untuk mengawasinya. Pimpinan sudah menyampaikan antisipasi black campaign, hate speech di dunia maya terkait Pilgub DKI ini,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (22/9/2106).

Soal black campaign, Awi mengatakan bahwa hal itu menjadi ranah Komisi Pengawasan Umum Daerah (KPUD). Polisi akan bertindak, apabila ada pelaporan dari bakal calon.

“Kalau sudah masuk pidana, maka dari kepolisian akan melakukan penyelidikan. Tetapi kalau pelanggaran kampanye, itu ranahnya KPU,” ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Roberto Gomgom mengatakan, pihaknya telah memantau sejumlah akun medsos terkait Pilgub DKI Jakarta ini.

“Sedang kami pantau semua akun medsos yang menyebar kebencian terkait SARA dan menghasut untuk melakukan tindak pidana yang menggangu keamanan Jakarta,” jelas Roberto.

Roberto menambahkan, pihaknya telah membentuk tim untuk melakukan cyber patrol yang akan memantau akun-akun medsos selama 24 jam penuh. (Reny/detik)